News Detail

Khoiful Mukhib dari 76 Team Raih Gelar Juara IDH 2019 Di Ternadi Bike Park

Khoiful Mukhib dari 76 Team Raih Gelar Juara IDH 2019 Di Ternadi Bike Park

Kudus - Khoiful Mukhib dari 76 Team berjaya di Ternadi Bike Park, Kudus, Jawa Tengah, pada kejuaran Indonesian Downhill 2019 yang digelar hari ini. Rider kelahiran Jepara ini mencatatkan waktu spektakuler di kelas Men Elite, yakni 3 menit 18.712 detik, melampaui rival-rivalnya.

Urutan kedua di IDH seri pamungkas di Ternadi Bike Park, ditempati Popo Ariyo Sejati yang mencatatkan waktu 3 menit 24.760 detik, disusul Andy Prayoga dengan torehan waktu 3 menit 25.662 detik. Persaingan di kelas Men Elite cukup ketat karena torehan waktu para rider tidak terpaut jauh.

Pahraz Salman Alparisi asal Sumedang yang sempat mengejutkan di sesi Seeding Runa karena catatan waktunya 3 menit 23.836 detik menjadi pemuncak di IDH 2019, harus puas di urutan empat dengan catatan waktu 3 menit 25.952 detik.

Downhiller yang bernaung di Tim RPI Project itu mengakui gagal memperbaiki catatan waktunya saat sesi Seeding Run karena lintasannya banyak yang hancur sehingga gagal meraih waktu terbaik. Posisi empat tetap harus diterima sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi dirinya ketika terjun di even kejuaraan serupa tahun depan.

Sementara Khoiful Mukhib sebagai sang juara mengakui tidak henti-hentinya mencermati track yang akan dilalui pada Final Run. Termasuk saat jelang final juga masih mencermati lintasannya untuk mencari line terbaik agar bisa meraih catatan waktu terbaik.

Di Final Run sendiri, diakui ada lintasan di beberapa section yang rusak, terutama di berem sangat gembur. Kunci kemenangannya memacu kecepatan saat di atas untuk mencari waktu tercepat, serta berhasil melaju kencang di line yang sudah direncanakan sebelumnya.

Track di Ternadi Bike Park sendiri diakui sebagai track yang paling menantang, dibandingkan dua seri sebelumnya di Bukit Watu Cenik, Wonogiri, Jateng serta Seruni Point Bromo, Probolinggo, Jatim.

Sementara di kelas Men Junior Anadan Bagus Efendi yang menjadi juara dengan torehan waktu 3 menit 45.406 detik, disusul Muhammad Dava dari PHD Racing Team menempati urutan dua dengan torehan waktu 3 menit 48.713 detik, dan tempat ketiga I Komang Febry Tri Adi dari Spartan Racing Team dengan catatan waktu 3 menit 51.372 detik. Muhammad Anzani dari 76 Team harus puas di posisi lima karena torehan waktunya di Final Run hanya 3 menit 55.828 detik.  
 
Di Kelas Men Youth terdapat Elneno Christian Indi dari Elgato Indonesia yang menjadu tercepat dengan catatan waktu 3 menit 35.811 detik, disusul Azhar Shalman dari RPI Racing Project menempati urutan dua dengan catatan waktu 3 menit 45.274 detik, dan tempat ketiga ditempati M. Wahyu dari Jam Cycle Boistois dengan catatan waktu 3 menit 50.310 detik.

Catatan waktu terbaik di Men Youth tidak terpaut jauh dengan peraih juara di kelas Men Sport B. Miftahudin dari PDH Racing yang bertengger di urutan teratas memiliki catatan waktu 3 menit 44.896 detik, disusul Ismail Nurdin dengan catatan waktu 3 menit 50.239 detik dan ketiga Dimas Bayu dengan catatan waktu 3 menit 51.343 detik.