News Detail

Balapan IDH di Seruni Point, ISSI Probolinggo Lempar Apresiasi

Probolinggo- Zulmi Noorhasani, Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Probolinggo hadir menyaksikan langsung hari kedua 76 Indonesian Downhill Seri II Seruni Point, Jumat (27/9/2019). ISSI Probolinggo pun melempar apresiasi atas penyelenggaraan kejuaraan level internasional yang juga baru kali pertama diadakan tersebut. 

Secara khusus, Zulmi melempar apresiasi karena kejuaraan tersebut membuka kesempatan bagi downhillers sekitar Probolinggo untuk semakin maju ke depannya. Beliau menambahkan bahwa pebalap dari luar Probolinggo seperti Malang dan Pasuruan juga mendapat venue yang lebih baik agar skill membalapnya semakin baik. 

“Track yang dibuat ini diharapkan semakin memajukan downhill di Probolinggo dan juga sekitar Probolinggo seperti Malang dan Pasuruan. Selain itu juga dapat menjadi jalan pencarian bibit baru pebalap downhill juga’’, ucap Zulmi. 

Beliau juga mengatakan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Probolinggo sangat mendukung adanya track yang dibuat ini. Hal itu dikarenakan pihak Pemkab Probolinggo ingin ikut ambil bagian dalam pencarian bibit-bibit baru downhillers dan bisa berlaga di kancah nasional bahkan internasional. 

“Pemkab Probolinggo sudah merencanakan pembuatan track di Bromo semenjak 5 bulan lalu dan akhirnya selesai sekitar 1 bulan yang lalu. Pemkab berkolaborasi dengan ISSI Kabupaten Probolinggo untuk merealisasikannya. Akhirnya jadi juga dan langsung dijadikan tempat event IDH, ini hal sangat positif bagi kami,” tutur Zulmi. 

Pemkab Kabupaten Probolinggo menurut Zulmi juga menyemai harapan agar kedepan wilayah tersebut menjadi daerah pariwisata minat khusus yakni olahraga sepeda dan nantinya semakin meningkatkan ekonomi warga setempat. 

“Seruni Point kan baru saja dibuat. Diharapkan sektor pariwisata dan ekonomi warga semakin meningkat seiring adanya Seruni Point sebagai tempat view baru untuk melihat Gunung Bromo. Karena sangat disayangkan ketika potensi tersebut tidak maksimalkan, maka akan mubazir. Sekarang publik jadi tahu, ada track downhill di sini, ya diharapkan saling berkesinambungan. Pebalap yang datang juga dapat mengunjungi Seruni Point sebagai tempat wisata baru,” pungkas beliau.