Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bersepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bersepeda
17 Mar 2015 1:50
1886 Hits

Pastikan sepeda yang digunakan telah disesuaikan dengan tubuh sehingga membuat Anda nyaman dan mudah mengendalikannya.

Tuas Rem
Atur tuas rem sehingga mudah diakses oleh jari telunjuk. Tujuannya agar pengereman dapat dilakukan satu jari, sedangkan jari lainnya tetap dapat memegang stang. Sudut kemiringan tuas rem berkisar 45 derajat, namun seringkali dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap pesepeda. Sudut kemiringan tersebut akan membuat pergelangan tangan dan lengan berada dalam posisi sejajar.

Suspensi
Setiap produsen memberikan standar pengaturan suspensi, maka pelajari dengan benar pengaturannya. Berat tubuh pengendara, medan yang akan dilalui dan gaya atau style menjadi kunci dalam pengaturan suspensi. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari rekan yang berpengalaman atau bengkel langganan anda.

Ban
Pemilihan ban yang tepat dapat menyelamatkan acara bersepeda, semua tergantung dengan medan dan cuaca. Tekanan udara pun salah satu faktor penentu agar bersepeda menjadi lancar. Tekanan udara yang terlalu rendah membuat ban dapat mengikuti kontur permukaan tanah tetapi akan meningkatkan gaya gesek dalam menghambat laju roda.

Helm
Disain khusus untuk melindungi kepala dan wajah untuk menghindari cedera. Karena cedera sekecil apapun akibat mengenakan helm yang tidak bagus akan berakibat fatal. Ada banyak helm yang ditawarkan dengan beragam fitur andalan namun prinsip ‘harga tidak akan berbohong’ tetap berlaku.

Glove
Kemampuan tangan memang sangat hebat, bahkan dapat melindungi tubuh dengan bergerak secara reflek saat terjatuh. Hal tersebut membuat tangan harus dilindungi dengan sarung tangan. Pilihlah sarung tangan yang dapat  melindungi seluruh bagian tangan termasuk jari namun tidak mengganggu pergerakan jari.

Sepatu
Menggunakan sepeda dengan clip atau tidak, tetap kenakan sepatu yang dapat memberikan perlindungan pada pergelangan kaki, tumit maupun jari kaki. Selain itu sepatu yang digunakan harus nyaman saat mengayuh sepeda.

Elbow/knee pads
Saat ini pelindung siku dan lutut telah menggunakan bahan yang mampu meredam benturan dengan baik. Bahkan lebih ringan dan nyaman tanpa menghalangi pergerakan kaki maupun tangan hingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Jersey dan Shorts
Jersey yang digunakan jangan sampai mengganggu pergerakan dan sifatnya melindungi. Memiliki daya serap keringat dan melepaskan suhu panas tubuh agar tidak menimbulkan aroma menyengat. Sedangkan untuk celana, panjangnya jangan mengganggu pelindung lutut dan terbuat dari bahan yang kuat sehingga tidak mudah sobek.

Go  !!!