Urban Night Race 76 ‘Push the Limit’

Redaksi - News

Urban Night Race 76 ‘Push the Limit’
14 Apr 2015 22:16
819 Hits

Jakarta, Parama Nugroho - Urban Night Race 76 ‘Push the Limit’ sebagai kejuaraan pembuka downhill 2015, jelas berbeda dari ajang yang biasa diadakan oleh Indonesian Downhill (IDH). Kejuaraan yang diselenggarakan pada malam hari pada 28-29 Maret 2015 lalu menggunakan track di kawasan Kampung Wisata Kungkuk, Batu, Jawa Timur.

Konsep Urban Night Race bisa dikatakan hal yang baru dan pertama kali diadakan di Indonesia. Bukan tanpa sebab. kejuaraan urban downhill biasanya selalu diadakan dalam area pertokoan, sedangkan kali ini sengaja diadakan dengan memanfaatkan beberapa ruas jalan di perkampungan, bahkan memasuki ruang dalam rumah penduduk setempat

Beragam obstacle seperti berm, wall ride hingga super bowl menjadi tantangan yang harus dilalui para downhiller demi memperebutkan total hadiah sebesar 50 juta rupiah. Peserta terbagi dalam 10 kelas: Men Elite, Men Sport, Men Junior, Women Open, Master (A, B, C, D), Master Expert dan Hardtail Open (usia 19 - 29 tahun).

Tantangan sebenarnya adalah pemilihan waktu pelaksanaan kegiatan di malam hari dengan keterbatasan penerangan. Meski di berbagai sudut lintasan telah tersedia penerangan tetapi penerangan ekstra pada sepeda (lampu depan dan belakang) pun wajib digunakan.

Khusus pada Urban Night Race 76, peserta diijinkan untuk menggunakan sepeda freeride (kelas prestasi) dan All Mountain bertravel 5 inch bagi kelas hobi. Pelindung wajib digunakan oleh seluruh peserta. Pada kelas junior dan women open, wajib menggunakan body protector dan neck brace. 
 
Kampung Wisata Kungkuk

Kampung Wisata Kungkuk merupakan perkampungan yang sengaja dirancang khusus sejak 2009, berawal dari semakin melemahnya harga jual buah apel yang dialami oleh petani apel di Batu. Berada di antara gunung Panderman dan gunung Arjuno, tentu sangat menjanjikan dalam pesona alam. Hanya berjarak 6 kilometer dari pusat kota Batu - Jawa Timur, Kampung Wisata Kungkuk menjadi alternatif wisata bagi pelancong.

Selain pemandangan yang menjanjikan, track yang akan digunakan pada ‘Urban Night Race 76’ tentu akan memberikan sensasi tersendiri. Jalan kecil atau gang sempit dengan elevasi kemiringan akan menciptakan adrenalin dan tantangan bagi para dowhiller

Push the Limit....