Track Umbul Sidomukti 2016

Redaksi - News

Track Umbul Sidomukti 2016
08 Apr 2016 22:19
1155 Hits

Track Downhill Umbul Sidomukti telah mengalami perubahan besar dari pada sebelumnya. Perhitungan matang para downhiller menjadi bagian yang wajib dilakukan sebelum melibas track sepanjang 1448 meter ini.

Perubahan yang terbesar adalah dengan adanya jalur untuk membedakan kelas prestasi dan hobi. Perbedaan tersebut berada di obstacle ‘drop gap’ yang memiliki ketinggian mencapai + 4 meter dengan jarak landing sekitar 6 meter. Namun jangan khawatir, pihak Indonesian Downhill telah menyiapkan tim medis untuk mengatasi segala kemungkinan yang terjadi selama ajang 76 Indonesian Downhill 2016 seri pertama.

Perhitungan kecepatan hingga pemilihan ‘line’ menjadi kunci untuk berhasil melalui obstacle ini dengan selamat. Salah perhitungan dapat berakibat fatal, bahkan ada beberapa pembalap yang harus rela jungkir balik. Namun untuk mengatasi kendala cuaca yang mudah berubah, maka jika terjadi perubahan cuaca maka kedua jalur (kelas prestasi dan hobi) akan dibuka.

Track dengan elevasi 183,7 meter juga mengalami perubahan pada beberapa bagian. “Ada beberapa obstacle tambahan seperti table top, double jump hingga drop yang dapat menantang para peserta,” ujar Herry ‘Lempenk’ Susanto sebagai track builder.

Lintasan downhill di Umbul Sidomukti tergolong track yang cukup lengkap. Tercatat ada tiga jembatan, dua speed jump, rock garden, double jump, table top, super bowl hingga drop. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penyuka downhill di Indonesia.