Tips Merawat Rem Cakram Agar Performa Selalu Terjaga

Redaksi - Tips And Tricks

Tips Merawat Rem Cakram Agar Performa Selalu Terjaga
26 Dec 2017 14:58
400 Hits

Setelah pemakaian sepeda yang terus menerus hingga puluhan kilometer, rem cakram bisa saja telah kehilangan performa terbaiknya. Ya, rem cakram adalah bagian terpenting yang memberikan safety terbaik bagi riders, di samping komponen lainnya yang tak kalah penting tentunya.

Pemakaian yang terus menerus tanpa kurangnya perawatan akan menyebabkan menurunnya response times sehingga pengereman menjadi kurang efektif.

Piringan cakram

Periksa cakram dan bersihkan dari kotoran. Dan pastikan rotor dalam keadaan lurus dan tak bergesekan dengan brake pads. Jika kotor, bersihkan dengan alkohol dan gosoklah secara perlahan. Jangan lupa juga memeriksa baut yang ada, karena baut yang longgar akan menimbulkan suara saat pengereman.

Tuas rem

Lakukan bleeding: Jika kamu menggunakan rem cakram hidrolik dan tuas terasa “kenyal” ketika digunakan, mungkin ada udara di pipa atau selang hidroliknya. Untuk mengeluarkan udara itu, disarankan untuk melakukan bleeding. Bleeding adalah prosedur untuk membersihkan selang hidrolik dari gelembung udara. Bacalah di buku manual untuk proses ini, atau jika ragu bisa membawanya ke tempat servis.

Mengatur ulang posisi brake pads: Jika menggunakan rem cakram mechanical, periksa jarak antara bantalan rem dengan rotor, atur ulang posisi hingga mendapatkan jarak yang sesuai. Dan pastikan juga ketebalan bantalan rem, jika sudah terlalu tipis, lebih baik untuk segera diganti.

Kabel, pipa, housing

Untuk rem bertipe hidrolik, terkadang susah untuk mendeteksi adanya kebocoran. Untuk memastikannya bisa dilakukan pemeriksaan rutin di tempat servis.

Sementara untuk rem cakram mechanical, pastikan kabel masih dalam kondisi baik, tak ada karat, aus dan hal-hal lain yang bisa mengganggu sistem pengereman. Begitu juga dengan housing kabel, periksa apakah ada korosi, karat, atau penyumbatan yang mungkin bisa mengganggu jalur dari kabel rem tersebut.