Tips Menjaga Stamina Saat Bersepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Tips Menjaga Stamina Saat Bersepeda
12 Sep 2018 20:25
266 Hits

Bersepeda merupakan aktivitas yang sangat menguras fisik dan stamina atletnya, menjaga stamina selama berkendara tentu menjadi problema tersendiri bagi para atlet. Berikut ada beberapa tips yang dapat digunakan agar stamina tetap terjaga selama bersepeda:

  1. Simpan tenaga di awal

Saat-saat awal merupakan saat di mana tenaga para atlet masih penuh. Hal ini sering dimanfaatkan untuk mengayuh dengan sekuat tenaga, membuat jarak yang jauh. Tapi yang tidak disadari oleh para atlet adalah jarak menuju garis akhir masih sangatlah jauh. Saat mengayuh terlalu cepat di awal juga akan memicu tubuh menggunakan simpanan glikogen yang terbatas. Simpanan glikogen akan cepat habis jika atlet terlalu memforsir tenaganya.

 

  1. Ritme konstan

Bersepeda adalah tentang endurance atau ketahanan tubuh. Ritme yang teratur juga akan membantu detak jantung untuk bekerja dengan stabil . Memakai heart rate monitor akan sangat membantu para atlet untuk mengontrol diri.

 

  1. Memakan bekal

Bekal yang dimaksud tentu bukan bekal seperti yang dibawa oleh anak sekolah. Melainkan beberapa snack ringan atau buah yang dapat memberikan energi instan seperti pisang atau kurma tentu sangat dianjurkan. Snack dapat dimakan dalam selang satu hingga dua jam.

 

  1. Satu botol satu jam

Seperti halnya memakan bekal berupa buah atau snack ringan, minum air juga sangat penting untuk menjaga ketahanan tubuh. Bersepeda merupakan aktivitas yang mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh. Meminum air putih akan mengganti cairan tubuh yang hilang dan menjaga agar tidak mengalami dehidrasi.

Semoga bermanfaat.