Tips Menentukan Lebar Bar Yang Terbaik

Redaksi - News

Tips Menentukan Lebar Bar Yang Terbaik
03 Jul 2018 19:18
38 Hits

760mm hingga 800mm adalah lebar bar pada umumnya. Lalu, lebar bar mana yang cocok dan terbaik untuk anda? Jawaban singkat: coba ambil beberapa batangan berukuran 780mm dan lakukan eksperimen dengan hand grip. Simak lebih lanjut tentang pemilihan lebar yang dikutip dari www.mbr.co.uk

Lebar bar para riders dunia pun berbeda-beda, berikut listnya:

  • Danny (5ft 10in): 780mm
  • Alan (5ft 11in): 777mm
  • Lebar bar Jamie (6ft 1in): 800mm
  • Lebar bar James (6ft 1in): 760mm
  • Benji (6ft 1in): 780mm

Mengapa kita harus serius membahas tentang lebar bar? Sebenarnya tidak ada formula ajaib untuk lebar bar. Kita hanya memilih lebar yang sesuai dengan yang kita rasakan cocok. Itulah yang terbaik untuk kita.

Richie Rude (5ft 11in) menggunakan bar 740mm. Rachel Atherton (5ft 7in) menggunakan bar 775mm. Bertentangan dengan yang banyak orang katakan, lebar bar tidak banyak berkaitan dengan tinggi badan. Bahkan tidak berhubungan dengan lebar bahu anda. Lebar bar yang 'benar' adalah kombinasi dari geometri dan kecocokan seluruh sepeda anda (secara signifikan berkaitan dengan panjang batang, jangkauan, dan tinggi BB). Lebar bar juga tergantung bagaimana anda bersepeda.

Rider yang suka manual dan sering melakukan aksi terbang di udara cenderung menggunakankan jeruji yang lebih sempit. Sedangkan, rider yang lebih suka menaklukkan trek curam lebih menyukai bar yang lebih lebar.

Jika anda menginginkan jawaban secara sains, maka menurut kami lebar bar rata-rata adalah 779.4mm. Caranya berhemat adalah dengan bantuan laser bar cutter! Namun dalam hal memilih stang baru, anda tidak boleh membeli bar yang lebih sempit dari 780mm. Coba jugadengan menggeser genggaman kunci yang keluar-masuk.

Bahkan jika dicoba dengan 780mm, dan meluncur di 10mm, anda mungkin akan terkejut melihat seberapa besar pengaruhnya terhadap roda depan. Tidak perlu terburu-buru ke rumah dan keluar dengan gergaji besi untuk mencobanya!

Jika anda memiliki bar 760mm, jangan khawatir, anda juga masih dapat mencoba meniru bar yang lebih lebar. Geser pengunci anda sejauh 10mm melewati ujung stang (gunakan pita isolasi untuk mengamankan collar luar yang 'mengambang'). Periksa kembali kekencangan collar dalam dan ujilah pegangannya. Berhati-hatilah, anda mungkin harus membeli satu set bar lebar 780mm setelah uji coba ini.

Cara memangkas palang bar

Berikut panduan kami. Ingat, ukur dua kali, potong sekali!

Image source : www.mbr.co.uk

Tandai tempat anda ingin memotong bar. Apakah anda 100% benar-benar yakin bahwa itu adalah tempat terbaik untuk memotongnya? Coba gerakkan genggaman anda di atas sepeda untuk benar-benar memastikan. Pastikan tanda anda ada di setiap sisi - sebaiknya potong pada tepi terluar, terutama dengan batang karbon untuk membantu mencegah banyak serpihan.

Image source : www.mbr.co.uk

Panduan pemotongan pastinya akan mempermudah pekerjaan. Gariskan tepi luar selotip ke atas dengan slot di panduan seperti yang ditunjukkan. Gunakan slot tertipis pada panduan yang mudah dilihat oleh gergaji anda. Potong yanglurus!