Tips Bakar Kalori Lebih Banyak dengan Bersepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Tips Bakar Kalori Lebih Banyak dengan Bersepeda
24 May 2018 23:08
302 Hits

Selain sebagai hobi, bersepeda juga bisa dijadikan cara untuk menurunkan berat badan. Di samping mengimbangi pola hidup sehat dengan nutrisi seimbang, dengan bersepeda tentu saja kamu bisa membakar kalori di tubuh lebih banyak. Bagaimana caranya? Ini dia tips yang perlu kamu ketahui.

Santai tapi Tetap Mengayuh Secara Kontinu

Dalam satu jam, kamu dapat membakar setidaknya 500 kalori dengan bersepeda di jalanan datar menggunakan kecepatan 15-20 km/jam selama mengayuh pedal. Sebagai catatan, usahakan tetap mengayuh ketika melaju di trek turunan. Sebab jika kamu tidak mengayuh, tidak akan ada kalori yang terbakar. Meskipun saat melaju di trek yang sedikit menurun atau saat didorong oleh angin, teruslah mengayuh pedal jika ingin membakar kalori lebih banyak.

Pilih Jalur Off-Road

Aspal yang halus tidak akan memberikan tubuh kamu tantangan. Sebaliknya, trek berupa jalan tanah, makadam atau batu yang ditata hingga jalan setapak dapat memberikan tantangan lebih untuk tubuh kamu. Dibutuhkan energi lebih banyak untuk bersepeda di permukaan jalan yang tidak rata. Maka dari itu, semakin kasar permukaan jalan yang dilalui, semakin banyak energi yang dibutuhkan, semakin banyak juga kalori yang terbakar. Selain dapat menguatkan otot lengan, punggung dan dada, bersepeda di jalan yang permukaannya tidak rata dan naik turun selama satu jam dapat membakar hingga 600 kalori.

Tingkatkan Mood dengan Musik

Musik adalah salah satu alat untuk menaikkan mood, apalagi jika lagu-lagu favorit yang dimainkan. Pilih jenis musik yang dapat membuat kamu bersemangat. Secara emosional, musik yang bersemangat dapat membuat kamu lebih kuat. Hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Sport Behaviour bahwa para responden yang bersepeda sambil mendengarkan music dapat menempuh jarak hingga 4,4 mil. Sedangan responden yang tidak mendengarkan musik hanya dapat menempuh jarak 3,9 mil.

Memilih Rute Lebih Jauh

Taka da salahnya mengambil rute lebih jauh. Di samping kamu dapat menjelajahi lingkungan sekitar, kamu juga bisa menemukan rute baru yang lebih seru dan menantang hingga menghilangkan penat setelah kesibukan di kampus atau di kantor.

Tanjakan

Faktanya, lebih berat mengayuh pedal di trek menaik atau tanjakan dibanding mengayuh pedal di jalan yang datar. Tentu saja dengan mengayuh pedal di trek menanjak akan membuat tubuh kamu membakar kalori lebih banyak.