Tips Agar Bersepeda Menjadi Lebih Efektif

Redaksi - Tips And Tricks

Tips Agar Bersepeda Menjadi Lebih Efektif
10 Nov 2018 18:32
152 Hits

yellowjersey

Aktivitas bersepeda mampu membakar hingga 800 kalori per jam jika dilakukan secara konstan dan dengan kecepatan sekitar 27km/jam. Terlebih lagi, bersepeda dengan stabil mampu meningkatkan stamina dengan memperkerjakan serat otot slow-twitch, sementara itu bersepeda secara sprint dengan sangat cepat mampu menambah otot dengan menargetkan serat fast-twitch. Tingkatkan efisiensi dalam bersepeda sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang semakin optimal.

1.Posisi duduk yang benar

Posisi sadel yang terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah pastinya akan mengurangi jumlah kekuatan yang bisa Anda keluarkan kala menggowes pedal. Tips untuk bisa mendapatkan tinggi yang pas adalah lepas sepatu Anda kemudian naiklah ke sepeda. Lalu letakkan tumit Anda tepat di atas pedal, dan dorong ke bawah putaran girnya. Jika kaki Anda berada pada posisi lurus di titik terbawah pedal, itu artinya tinggi sadel sudah sesuai dengan postur Anda.

2.Trek menanjak

Lawan ketakutan Anda dan pilihlah jalur sulit seperti jalan menanjak. Lalu turunkan posisi gear dan tingkatkan irama kayuhan antara 90-100 rpm dan cobalah untuk menahan godaan untuk berdiri karena hal tersebut akan mengurangi efisiensi. Tetap duduk di sadel selama mungkin dan hanya berdiri sebentar.

3.Kekuatan pedal

Pastikan untuk selalu menjaga tekanan tidak hanya ketika pedal berada di bawah, tapi juga ketika di atas. Bisa juga dengan menggunakan clipless pedal untuk mempermudah hal ini, serta membantu meningkatkan kekuatan dari kaki Anda ke roda.