Tiara Andini Prastika, Dari Roadbike ke Downhill Hingga Target Emas Asian Games

Redaksi - Profiles

Tiara Andini Prastika, Dari Roadbike ke Downhill Hingga Target Emas Asian Games
26 Aug 2017 9:52
612 Hits

Semarang, 26 Agustus 2017 - Sekilas kita tak akan menyangka jika gadis manis berperawakan sedang dengan rambut sebahu ini merupakan pebalap downhill perempuan tercepat di Indonesia tahun 2017. Gelar juara nasional 2017 tersemat padanya dan terakhir meraih podium pertama di kelas Women Elite 76 Indonesian Downhill 2017 Series 3 Ternadi Kudus, prestasi yang tak main-main.



Ya, gadis asli Semarang Jawa Tengah ini bernama Tiara Andini Prastika yang kini tergabung dalam tim Prima Patrol Mountain FJC Team. Tiara, begitu ia akrab di sapa sebenarnya masih terhitung baru bergabung di dunia downhill tanah air lantaran sebelumnya berkonsentrasi di cabang road-bike.

Namun, ternyata waktu sebentar sejak akhir 2012 lalu tak menghalangi niat besar Tiara untuk meraih prestasi di cabang downhill. "Awalnya dulu road-bike sejak SMP, tapi kemudian diajak teman untuk ikut seri downhill dan ternyata bisa dapat prestasi, jadi lanjut terus sampai sekarang," ungkapnya ketika berbincang dengan indonesiandownhill.com.



Gadis 21 tahun ini mengaku ketagihan bermain downhill karena merasa lebih terpacu adrenalinenya ketika melibas track curam menuruni bukit. Tantangan naik kelas ke Women Elite di tahun 2013 pun diiyakan Tiara yang ternyata semakin menyemangati untuk berprestasi melawan para senior berpengalaman.

"Saat itu ditantang naik kelas ke Elite, masih banyak yang ragu tapi saya bilang yakin meski konsekuensi tak bisa turun ketika gagal berprestasi. Akhirnya jadilah 2013 turun di Women Elite sampai sekarang," lanjutnya tersenyum.

Kini, setelah meraih podium teratas di Ternadi Kudus, Tiara kembali berniat untuk bisa meraih prestasi maksimal di Umbul Sidomukti dan Klemuk Batu di sisa seri 76 Indonesian Downhill 2017. "Sisa seri nanti harapannya sapu bersih, bisa juara sebagai persiapan ke Asian Games," sambungnya.



Saat ini, Tiara tengah menjalani pelatnas prima di Kota Batu Jawa Timur untuk persiapan menuju Asian Games 2018 di Indonesia. Sebagai tuan rumah, target emas pun diusung Tiara saat berlaga membela panji Merah Putih.

"Sekarang terus berlatih bersama pelatnas Prima di Batu, dan saya punya target bisa dapat emas di Asian Games. Saya sangat yakin meski persaingan bakal sulit karena ada tim Thailand dan Jepang turun," ungkapnya lagi.

Best of Luck, Tiara, berprestasi dan bawa emas untuk Indonesia! Ingat, Nyali Aja Ngga Cukup!