Teknik Shifting, Perpindahan Tepat Untuk Hasil Maksimal

Redaksi - Tips And Tricks

Teknik Shifting, Perpindahan Tepat Untuk Hasil Maksimal
25 Jun 2018 22:33
420 Hits

Sebagai salah satu hal mendasar saat bersepeda, tentu riders diharapkan mampu melakukan teknik shifting atau pemindahan gigi yang pas. Tapi apakah selama ini teknik shifting yang dilakukan sudah pas atau baik dan bisa menghantarkan kenyamanan kala menggowes sepeda? Dan seperti apakah teknik perpindahan gigi yang baik untuk sepeda berjenis mountain bike? Berikut adalah teknik shifting untuk kalian, riders!

Ketika menghadapi jalur/trek menanjak, usahakan untuk memindahkan chain (rantai) ke gigi yang ringan, bisa dilakukan sebelum atau ketika memasuki medan menanjak dengan mempercepat putaran pedal. Jika perpindahan yang dilakukan terlambat, bisa dengan cara menurunkan satu persatu gigi belakang tanpa melepas power pada kayuhan pedal. Bila timing tidak pas, kecepatan sepeda akan langsung menurun dan menjadi lebih berat untuk dikayuh.

Usahakan untuk tidak memindahkan gigi dengan tiba-tiba atau spontan ke lompatan yang terlalu cepat, sementara pedal sedang berada pada kayuhan kekuatan penuh. Hal tersebut bisa membuat rantai slip, bahkan pada beberapa kasus bila rantai terlalu dipaksakan pada posisi gigi paling berat di trek menanjak bisa berakibat pada putusnya rantai.

Bikeradar.com

Untuk melalui trek menurun, usahakan posisi gigi belakang berada pada titik tengah dan gunakan posisi ring tengah pada gigi depan. Jaga posisi gigi dengan kekuatan kayuhan agar tidak terasa loss/kosong. Usahakan juga untuk tidak memasang gigi pada tingkat paling ringan. Karena akan beresiko membuat tiang rear derailleur (bagian yang digunakan untuk menggerakkan rantai dari roda gigi belakang sepeda) bengkok/patah bila terbentur pada medan jalanan yang menurun. (RN)