Teknik Pumping yang Ideal Pangkas Waktu di Kajen

Redaksi - Tips And Tricks

Teknik Pumping yang Ideal Pangkas Waktu di Kajen
01 Jul 2016 11:22
1127 Hits

Pekalongan 1 Juli 2016 (IDH) Masihkah ingat dengan kejuaraan 76 Indonesian Downhill Seri 2 dengan track tanah merah di PTPN IX Kajen Pekalongan? Betapa tidak, salah satu track favorite Linggoasri ternyata masih menyisakan berbagai kesan untuk para riders yang sempat mengikuti kejuaraan 76 Indonesian Downhill di seri ini. Tampaknya masih banyak yang penasaran mendapatkan raihan waktu tercepat di track sepanjang 1600 meter ini.

Beberapa juara baru pun tercipta di seri kedua kemarin diantaranya di Master Expert A, Heri Prasetyo Adi "Klinthink" dan tentunya Bagus Budi Setyawan 'Kenthus' di Men Elite A. Tentu saja muncul pertanyaan bagaimanakan menaklukkan tantangan di track Kajen ini.



Chandra Ariavijaya sempat membagikan pengalamannya agar bisa melibas track Kajen ini. Menurut dia, rider harus pandai betul berhitung di mana harus push dan di mana harus stay safe terlepas dari keadaan hujan yang membuat final run beberapa kelas sempat ditunda.

"Ketika riders push dari start maka tak sampai di tengah akan habis, banyak yang terlihat seperti itu di tikungan 'akar' mereka sudah habis bahkan sudah duduk di sadle. Inilah bagaimana rider harus pintar berhitung," ungkap rider juara kelas veteran ini.

Tak hanya itu di salah satu section, Om Chan juga mengungkapkan pentingnya teknik pumping untuk menjaga kestabilan tenaga tanpa harus push pedaling. "Ya di salah satu section sebelum aspal memang bisa banyak pumping agar tetap kencang namun tenaga sedikit hemat," imbuhnya.