Teknik Pengereman Mountain Bike, Rem Depan Atau Belakang

Redaksi - Tips And Tricks

Teknik Pengereman Mountain Bike, Rem Depan Atau Belakang
12 Jul 2018 0:13
653 Hits

Selain teknik mengendarai sepeda gunung, ada satu lagi teknik yang biasanya sedikit terlupakan oleh para pencinta sepeda gunung, yaitu teknik pengereman yang baik. Teknik pengereman tidaklah semudah menarik tuas rem, karena ada begitu banyak faktor tak terduga ketika Anda mengendarai sepeda gunung.

Posisi tuas rem

Pertama adalah posisi tangan haruslah senyaman mungkin saat memegang atau meraih tuas rem. Biasanya adalah dengan sudut sekitar 45 derajat kebawah, tergantung postur dan kenyamanan.

Memanfaatkan rem depan dan belakang

Banyak kejadian sepeda tergelincir karena teknik pengereman yang tidak sempurna, karena hanya menggunakan rem belakang saja. Menarik rem depan dan belakang secara bersamaan memiliki andil besar dalam posisi trek menurun. Contohnya adalah ketika posisi turunan, berat bagian depan akan lebih besar dibandingkan belakang, sehingga rem depan akan lebih kuat menahan laju sepeda.

Jangan menarik rem depan dan belakang saat melalui medan licin

Medan yang licin dan berpasir atau berbatu-batu kecil akan membuat Anda tergelincir jika menarik kedua tuas rem secara bersamaan. Lebih baik dengan cara mengurangi kecepatan sebelum masuk lintasan berpasir, daripada harus mengeremnya.

Mengendalikan kecepatan di tikungan

Biasakan untuk menurunkan kecepatan saat akan melalui tikungan, jangan mengandalkan rem, untuk mengurangi resiko tergelincir.

Jangan melakukan pengereman dengan penuh

Terutama pada posisi trek menurun, pengereman dengan penuh akan beresiko membuat Anda terjungkal karena ban yang tidak lagi mencengkeram aspal. (FH)