Superfood dan Panduan Penting Mengonsumsinya

Redaksi - Tips And Tricks

Superfood dan Panduan Penting Mengonsumsinya
13 Aug 2018 22:52
119 Hits

Makanan sehat merupakan kunci untuk kesehatan dan kebugaran yang prima, terlebih untuk kamu yang sedang ikut program diet. Makanan sehat atau yang sedang tren saat ini yaitu “Superfood” adalah label pemasaran tanpa definisi ilmiah. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita dapat memisahkan yang sehat dari yang hanya sekadar tren?

Tidak semua lemak buruk

Sebuah studi menunjukkan hasil yang mengejutkan, bahwa dalam daftar makanan yang mengandung lemak, selada dengan bayam menempati ke-5 dan kale menempati urutan ke-15. Hal mengejutkan juga terjadi pada stroberi yang menduduki urutan 35, bluberi yang banyak hypnosis bahkan tidak masuk daftar pendek. Walaupun begitu, ternyata penelitian ini tidak memperhitungkan fitonutrien, yaitu senyawa tanaman yang telah ditemukan untuk melindungi terhadap berbagai penyakit degeneratif.

Tapi tahukah, Riders? Ada fakta lain yang perlu kamu ketahui. Pigmen dari banyak buah dan sayuran adalah indikator fitonutrien yang baik untuk melindungi tubuh kamu. Dengan kata lain, makanan yang memiliki nutrisi tinggi tidak selalu menjadi obat ataupun sumber energi yang tepat. Sebaliknya, makanlah berbagai macam buah dan sayuran.

 

Makanan baik akan menjaga kesehatan tubuhmu

Vitamin A, C dan E merupakan satu-satunya antioksidan yang ditujukan untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh manusia, khususnya untuk kamu yang sedang dalam program diet.

Sementara itu, polifenol dianggap dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, kanker dan penyakit neurodegenerative, meskipun para ilmuwan belum menentukan alasan pastinya. Satu teori yang menjadi alasannya adalah bahwa sayuran-sayuran tersebut berperan sebagai anti stres ringan, memprovokasi tubuh untuk 'melawan' dengan memperkuat pertahanan perlindungan penyakitnya sendiri.

Jadi, jangan selalu berprasangka bahwa yang buruk selalu buruk dan baik selalu baik. Semuanya harus diperhitungkan sesuai kebutuhan tubuhmu, ya.