Super Magnesium, Material Baru Untuk MTB Dengan Bobot Ringan

Redaksi - Tips And Tricks

Super Magnesium, Material Baru Untuk MTB Dengan Bobot Ringan
27 Dec 2018 22:01
48 Hits

Belum lama ini, sebuah merk yang bernama Allite mengumumkan bahwa bahan baru yang dikenal sebagai Super Magnesium sekarang telah tersedia untuk digunakan dalam industri sepeda. Material ini, awalnya dikembangkan untuk penggunaan militer, dengan bobot sekitar 33% lebih ringan dari aluminium. Tak hanya ringan, material ini dikatakan lebih ramah lingkungan daripada karbon atau aluminium.

Apakah yang disebut dengan Super Magnesium? Super Magnesium adalah istilah untuk material terobosan baru dari Allite, perpaduan dari magnesium, dan aluminium atau seng. Ada beberapa komposisi yang berbeda yang ditawarkan Allite tergantung pada pengaplikasiannya. Misalnya, paduan yang digunakan untuk membuat frame sepeda bisa berbeda dengan yang digunakan untuk membuat derailleur cage. Semua komposisi ini sendiri terdiri dari setidaknya 90% magnesium.

singletracks

Ini bukan pertama kalinya magnesium digunakan dalam industri sepeda. Bahkan, magnesium sudah digunakan di berbagai jenis garpu suspensi. Namun, yang membuat inovasi dari Allite ini berbeda dengan produk serupa adalah kecocokannya untuk berbagai aplikasi, mulai dari frame hingga aksesori dan komponen.

Magnesium sendiri merupakan material yang dapat didaur ulang, dan bahkan mengalami perusakan alami (bio-degradasi) lebih cepat daripada serat karbon atau sepeda aluminium.