Setelah Bersepeda, Sebaiknya Lakukan Hal-hal Ini

Redaksi - Tips And Tricks

Setelah Bersepeda, Sebaiknya Lakukan Hal-hal Ini
06 Jul 2018 17:06
502 Hits

Sangat menyenangkan memang bisa duduk santai setelah bersepeda. Sambil duduk bercengkerama bersama teman-teman, mungkin hal sederhana seperti ini bukan suatu masalah untuk dilakukan, namun Anda bisa juga kehilangan sebagian komponen penting dari hasil Anda beraktivitas menggowes ini dan juga bisa saja memperlambat proses pemulihan. Jika hal tersebut merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan setelah bersepeda, segera ubah kebiasaan Anda dengan beberapa tips berikut ini.

Pendinginan

Jika Anda telah sampai di rumah namun memilih untuk langsung istirahat, Anda bisa saja kehilangan komponen utama dari latihan Anda. “Peran dari melakukan pendinginan adalah untuk membiarkan otot Anda bergerak tanpa perlawanan, yang akan membantu membersihkan asam laktat dari otot,” kata dokter asal Philadelphia, dr. Michael Ross.

Jika setelah bersepeda namun Anda melewatkan proses pendinginan, bukan saja Anda membiarkan asam laktat menumpuk, itu berarti Anda membiarkan darah berkumpul di kaki, yang menurut Ross akan membuat Anda pusing.

Segera lepaskan peralatan sepeda yang dikenakan

Jangan biasakan berlama-lama mengenakan pakaian bersepeda. Mungkin mudah saja ketika masuk ke rumah, Anda langsung bersantai di sofa, atau sejenak tiduran di lantai.

Karena bisa saja keringat yang menempel di baju Anda sudah kering ketika Anda bersantai di sofa, hingga keringat yang ada terlalu lama menempel di badan. Salah satu akibat yang akan Anda terima adalah munculnya infeksi saddles sores, atau penyakit lainnya jika saja imunitas Anda sedang rendah. Hal yang sebaiknya dilakukan setelah bersepeda adalah melakukan pendinginan dan melepas pakaian basah tersebut.

Tidak makan berlebihan

Anne Guzman, seorang ahli nutrisi, mengatakan jika Anda sudah makan dengan baik sebelum bersepeda, kecil sekali kemungkinan Anda akan merasa lapar lagi setelahnya. Ini adalah masalah yang sering dialami oleh para riders, sedikit makan sebelum bersepeda untuk menurunkan berat badan, namun hal itu sebenarnya tidaklah benar.

Guzman menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah kentang dan dada ayam karena mudah dicerna. (RN)