Risiko yang Dihadapi Pesepeda Bertubuh Mungil

Redaksi - Tips And Tricks

Risiko yang Dihadapi Pesepeda Bertubuh Mungil
05 Jul 2018 17:23
323 Hits

Sama seperti olahraga yang lain, bersepeda pun sangat bergantung pada ukuran. Ukuran apapun mulai dari ukuran sepatu, ukuran tinggi tubuh, ukuran aksesoris, ukuran stang, termasuk ukuran tinggi tubuh. Jika dalam sepakbola, pemain bertubuh pendek akan kesulitan saat melakukan duel udara melawan pemain yang lebih tinggi, dalam bersepeda, atlet bertubuh pendek juga memiliki beberapa masalah sendiri.

  1. Sulit mencari ukuran yang pas

Seperti pada umumnya, manusia yang memiliki postur tubuh pendek mempunyai ukuran yang berbeda dari manusia pada umumnya. Sepatu contohnya, jika pria normal memiliki ukuran sepatu berkisar antara 40-42, pria yang memiliki tubuh pendek akan memiliki ukuran sepatu yang lebih kecil, 36 misalnya. Sementara itu di pasar sepatu ukuran 36 sudah sangat jarang dijual.

  1. Ibu jari yang overlap

Sepeda yang berukuran kecil tidak serta merta semuanya berukuran kecil. Biasanya, hanya ukuran frame sepeda yang kecil, namun bukan ukuran rodanya. Dengan ukuran frame yang lebih kecil, maka posisi pedal akan semakin dekat dengan roda, hal ini membuat ujung kaki akan menyenggol ban saat membelok

  1. Susah naik ke atas sadel

Ini adalah masalah utama selain ukuran sepeda. Meski frame yang pas, namum memosisikan badan ke atas sadel tetap saja bisa menjadi hal yang sulit. Jika tak berhati-hati bisa saja terjatuh karena tak seimbang dan kaki tak bisa menjangkau permukaan tanah dengan aman.

Tapi terlepas dari risiko yang dihadapi, jangan menjadi minder ya.(RN)