Rider-Rider Papan Atas Mancanegara Ikut, Persaingan Men Elite A Memanas

Redaksi - News

Rider-Rider Papan Atas Mancanegara Ikut, Persaingan Men Elite A Memanas
30 Oct 2017 21:13
1395 Hits

Batu, 30 Oktober 2017 - Dua pebalap Jepang, Imoto Hajime dari Sram Santacruz Jepang dan Kushima Yuki dari Genbu Mondraker Jepang telah terdaftar mengikuti event 76 Indonesian Downhill Seri 5 Klemuk Batu Jawa Timur 4-5 November 2017 nanti. Dua pebalap Negeri Sakura tersebut hampir pasti memanaskan persaingan podium di track yang memang dikenal sangat menantang di Indonesia.

Di atas kertas sesuai peringkat UCI, Imoto Hajime memang masih berada di bawah rider pemuncak IDH, Khoiful Mukhib dari 76 Team atau pebalap senior, Popo Ario Sejati dari Patrol FJC Team Prima. Namun, satu nama lain yakni Kushima Yuki tak bisa diremehkan karena secara peringkat unggul dari semua rider Indonesia di mana ia berada di peringkat ke-64 dunia.

Tak heran banyak pecinta downhill tanah air membicarakan kans podium delapan besar Men Elite A di Klemuk nanti. Posisi Mukhib bisa saja digeser oleh Kushima Yuki yang memang terpantau sudah melakukan persiapan matang sebelum berangkat ke Batu Jawa Timur.

Namun, secara hitung-hitungan penguasaan track, pebalap-pebalap Indonesia dipastikan unggul karena lebih mengenal dekat Bukit Klemuk Batu Jawa Timur. Terlebih, beberapa waktu kebelakang, pebalap yang tergabung dalam tim Prima Indonesia rutin berlatih di kawasan track berhawa sejuk ini.

Meski kans besar juga dimiliki pebalap asing seperti yang sempat dilakukan beberapa pebalap Thailand di Seri 4 IDH 2017 Umbul Sidomukti lalu. Beberapa podium teratas berhasil dicuri seperti di Men Junior dan Women Elite yang sebenarnya tak kalah bergengsi.

Meninggalkan peluang teratas dengan sedikit menoleh ke bawah, pebalap-pebalap lokal yang biasa mengisi podium delapan besar Men Elite A tampaknya harus mulai berhati-hati dan mempersiapkan diri. Bila memang tak bisa merebut podium pertama, sangat mungkin dua rider Jepang yang tengah on-fire ini mampu tampil apik dan bertengger di dalam delapan besar pebalap teratas menggeser para “langganan”.

Mau tidak mau atau suka tidak suka, mereka sangat mungkin menekel para langganan juara dari Indonesia. Bahaya dari dua pebalap Jepang ini akan ditambah pula oleh rider mancanegara lain seperti Erik Irmisch dari Team Racing Dudes atau Whitchakorn Pethsanghan dari Looseriders Veetireco Thailand yang juga sudah terdaftar dalam current event list riders http://indonesiandownhill.com/reg2017/intro

Namun tunggu dulu, runner up overall Yavento Ditra Pranata sepertinya tak ingin menyia-nyiakan peluang meraih poin terbanyak agar bisa mengejar Mukhib di Point Standing 2017. Apalagi jarak selisih poin Ditra dan Mukhib hanya terpaut 43 poin saja.

Belum lagi Muhammad Abdul Hakim Jambol yang juga masih berpeluang mengejar perolehan poin rekan setimnya di 76 Team tentu akan berjuang maksimal meminimalisir kesalahan dan merangsek naik ke podium atas. Pasti akan menjadi semangat tersendiri yang tak akan disia-siakan pebalap muda temuan IDH tersebut.

Ketua IDH, Parama Nugroho bersama Federasi, sempat mengungkap sengaja mengundang pebalap Men Elite dari tujuh negara Asia untuk datang bersaing memperebutkan Poin UCI di Klemuk nanti. Salah satunya Jepang yang dikenal memiliki rider hebat selain Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina.

“Ketika pebalap tangguh negara-negara Asia datang maka kualitas kejuaraan kita semakin meningkat dan tentu saja memotivasi pebalap Indonesia untuk semakin berprestasi. Saat ini baru Jepang yang konfirmasi dan harapannya nanti menjelang hari H bertambah lagi pebalap asing yang akan datang ke Klemuk,” ungkapnya.

Sangat menarik menantikan siapa rider paling cepat yang bisa menaklukkan gravitasi di Klemuk nanti.

Ingat riders, Nyali Aja Ngga Cukup!