Raih Emas Asian Games, Tiara Andini Prastika Ceritakan Kebanggaan Ditelpon Presiden

Redaksi - Profiles

Raih Emas Asian Games, Tiara Andini Prastika  Ceritakan Kebanggaan Ditelpon Presiden
21 Aug 2018 22:57
177 Hits

Subang, 21 Agustus 2018 - Tiara Andini Prastika berhasil menyabet medali emas Asian Games 2018 dalam race yang diselenggarakan di Khe Bun Hill Subang Jawa Barat Senin (20/8/2018). Tiara berhasil mengalahkan para pesaing dari negara-negara Asia lainnya dan berhak menyandang gelar juara baru di cabang olahraga downhill putri.

Tiara yang di seeding run juga menempati posisi puncak dengan 2 menit 32,677 detik ternyata mampu mempertahankan catatan waktu terbaik dan unggul dari tujuh pesaingnya yang lain. Di final run, meski sempat mengalami cidera jari tangan, namun Tiara tetap tampil luar biasa dan berhasil mencatat waktu 2 menit 33,056 detik.

Ketika berbincang dengan indonesiandownhill.com, Tiara pun menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan banyak pihak hingga akhirnya mampu menjadi juara di ajang Asian Games 2018. Menurut dia, ada satu momen membanggakan ketika secara khusus ia, Khoiful Mukhib dan Nining Porwaningsih yang meraih perunggu mendapatkan telpon dari Presiden Joko Widodo sesat setelah menjadi juara.

Meski tak bertemu langsung dan berjabat tangan, namun telpon spesial dari presiden mampu memberikan kebanggaan tersendiri bagi gadis asal Semarang Jawa Tengah ini. “Presiden telpon, bilang dengan kata-kata khasnya, selamat ya, saya ikut senang,” ungkap Tiara mengikuti apa yang disampaikan Presiden Jokowi melalui telpon.

Presiden sendiri menurut Tiara menyampaikan selamat melalui telpon karena tak bisa berada di venue yang lokasinya cukup jauh dari Jakarta. “Padahal presiden sebenarnya ingin menyaksikan langsung, tapi lokasinya jauh dari Jakarta,” sambung gadis kelahiran 22 Maret 1996 ini.

Bagi Tiara, raihan medali emas di tingkat Asia menjadi sangat spesial karena ajang Asian Games merupakan gelaran multi event pertama yang diikuti selama ini. Kebanggaan Tiara pun semakin memuncak ketika mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang sesaat setelah pengalungan medali bagi tiga juara.

“Rasanya luar biasa banget mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang. Lelah latihan, persiapan selama ini seperti tidak ada apa-apanya. Ini semua untuk masyarakat Indonesia khususnya pecinta downhill,” pungkas rider tim Patrol Mountain FJC Team ini sembari tersenyum.

Tiara sendiri berharap, raihan di Asian Games terus memacunya untuk berprestasi kedepan. Namun, selain itu ia berharap muncul generasi penerus baru di olahraga downhill tanah air khususnya atlet perempuan.

Tetap semangat Tiara, sampai bertemu di seri lanjutan 76 Indonesian Downhill kedepan ya. Tetap semangat dan menginspirasi pebalap lainnya.