Popo Ario Sejati Sang Jawara

Redaksi - Profiles

Popo Ario Sejati Sang Jawara
11 May 2015 1:38
1610 Hits

Beragam prestasi telah membuktikan Popo Ario Sejati sebagai Jawara Downhill. Nama Popo sendiri mulai melambung saat mewakili Indonesia dalam ajang SEA Games dan Asia Championship di tahun 2007.

Namun masih banyak impian dan target yang ingin diraih oleh Popo Ario Sejati. Diantaranya, ia ingin mengikuti UCI World Cup, yaitu Kejuaraan Dunia Downhill yang diikuti oleh banyak riders dari seluruh penjuru dunia. Demi impiannya, Popo tidak lelah untuk menjalani program latihannya. Dengan dukungan tim yang menaunginya saat ini juga, ia berkonsentrasi mengikuti berbagai ajang di luar negeri.“Dapat bertanding pada kejuaraan dunia seperti World Cup atau lainnya menjadi cita-cita saya”, ujar Popo Ario Sejati.

Namun siapa yang sangka awalnya ia menekuni kategori road bike sebelum menggeluti sepeda gunung. Bahkan bukan kategori Downhill yang dipilihnya. Berkat Zainul Siswanto sebagai pelatih tim Kencana Bike, Popo pun disarankan untuk menjajal kategori Downhill.“Kemampuannya menuruni medan dengan baik menjadi salah satu kunci yang saya lihat dari Popo”, ujar Zainul. Ajang pra PON 2007 berlanjut Pelatnas untuk SEA Games Thailand, awal dari sepak terjangnya dalam kejuaraan berskala Asia Tenggara. Walaupun ia hanya mampu meraih medali perak, sebagai pembalap muda Popo mampu menunjukan kemampuannya.

Keberhasilan Popo dalam menjuarai setiap kejuaraan berkat latihan keras dan tentu saja dukungan dari keluarga. Selain itu, Popo juga tidak pernah memandang remeh seluruh pesaingnya.
“Dukungan istri tercinta dan keluarga sangat berarti untuk saya. Tanpa mereka, saya tidak akan menjadi seperti saat ini,” ungkap Popo.

Pencapaian kategori Downhill:

  1. Juara Umum Indonesian Downhill 2014 kelas Men Elite
  2. Juara umum UKDI 2009, 2010 dan 2011 kelas men elite
  3. Medali Emas Asia Championship Continental, Malaysia 2009
  4. Medali Emas PON (pekan olah raga nasional) 2008
  5. Medali Perak Sea Games Thailand 2007
  6. Medali Perak Asia Championship, China 2007