Persiapan Menjelajah Trek Gunung Untuk Pemula

Redaksi - Tips And Tricks

Persiapan Menjelajah Trek Gunung Untuk Pemula
18 Sep 2018 21:01
150 Hits

Image Source: pinterest.com

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas selain menyehatkan juga menyenangkan, melewati berbagai medan terjal dan curam, serta bertemu dengan berbagai rintangan-rintangan baru tentu menambah adrenalin bagi para pencinta olahraga ekstrem satu ini. Meskipun termasuk olahraga ekstrem, bukan berarti aktivitas satu ini tidak cocok bagi para pemula yang sama sekali belum pernah mencobanya, asalkan memiliki persiapan yang cukup, tentu kegiatan ini akan berjalan dengan menyenangkan. Persiapan apa saja yang harus diperhatikan bagi para pemula? Simak tipsnya.

Peralatan

Peralatan seperti kunci L merupakan perangkat penting untuk sepeda gunung yang perlu. Setidaknya jika berpergian bersama 1 grup, harus tersedia minimal 1 perangkat tersebut. Alat satu ini biasanya berfungsi untuk memperbaiki posisi sadel/tempat duduk. Selain itu juga berguna untuk mengencangkan baut stem.

Ban dan pompanya

Pengalaman mengalami ban bocor merupakan salah satu kejadian yang cukup sering terjadi. Dengan melalui bermacam medan seperti bebatuan, pecahan kaca, hingga paku, tentu ban bocor akan sangat menyebalkan jika kita tidak mempersiapkannya.

Peralatan P3K

Membawa perlengkapan medis sederhana seperti obat merah, plester luka, atau spray anti kram sudah cukup sebagai teman dalam perjalanan. Jangan lupakan juga tisu atau tisu basah.

GPS

Jika menjelajah di tempat yang mungkin asing bagi Anda, tentu ini merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dibawa. Sehingga masih dapat mencari jalan sendiri ketika tersesat atau tertinggal oleh rombongan.