Pentingnya Recovery Setelah Adu Pedal Di Gunung

Redaksi - Tips And Tricks

Pentingnya Recovery Setelah Adu Pedal Di Gunung
14 May 2018 7:45
145 Hits

Downhill, salah satu olahraga yang memacu adrenalin dan tentunya kekuatan fisik hingga batas maksimalnya. Kepuasan atas pencapaian melewati rintangan dan kerasnya medan tentu menjadi salah satu faktor pendukung bagi para penghobi pacu pedal ekstrim ini. Melihat begitu beratnya perjuangan yang dilakukan untuk menuruni gunung, tentu tubuh membutuhkan recovery atau pemulihan yang cukup untuk mengembalikan kondisi kembali prima seperti semula.

Beberapa tips ini bisa digunakan untuk mempercepat proses pemulihan tubuh hingga meringankan rasa sakit di tubuh. Simak tipsnya.

Meningkatkan asupan protein.

Protein menjadi hal penting yang bisa digunakan untuk mengembalikan kondisi. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi adalah daging. Seperti dilansir dari Vitfit Sport, takaran dan waktu terbaik mengonsumsi protein adalah 20 gram per porsi dalam rentang waktu 30 menit setelah latihan atau aktivitas berat.

Pemanasan dan pendinginan yang tepat.

Setelah berolahraga, terutama yang berintensitas tinggi, otot-otot akan berada dalam kondisi yang disebut sebagai katabolik (penyusutan otot), untuk itulah peregangan otot dan aktivitas kardiovaskular selama 5-10 menit akan memperkecil resiko nyeri otot dan membantu untuk proses pemulihan kondisi tubuh.

Pentingnya stretching.

Melakukan peregangan akan membantu mempertahankan fleksibilitas otot yang sudah bekerja keras.

Istirahat yang cukup.

Tentu saja tidur menjadi salah satu hal utama setelah intensitas penggunaan tubuh yang sangat tinggi. Karena tekanan fisik yang semakin tinggi, maka kebutuhan tidur pun juga semakin tinggi. (RN)