Penggunaan On Board Camera

Redaksi - Tips And Tricks

Penggunaan On Board Camera
02 Aug 2015 2:00
1302 Hits

Union Cycliste Internationale (UCI) adalah badan dunia yang mengatur olahraga bersepeda dan diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). UCI didirikan di Paris pada tahun 1900 , dan kantor pusat yang sekarang terletak di UCI World Cycling Centre di Aigle, Swiss. Mengacu pada keputusan UCI yang telah mengizinkan pemakaian “on board camera” dalam perlombaan balap sepeda, khususnya downhill, pihak Indonesian Downhill pun mengizinkan pemakaian “on board camera” dalam perlombaan yang diselenggarakannya. Namun tetap ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pembalap. Info tentang on board camera diberikan oleh Pratomo Setiadi sebagai race director, "Segala resiko yang ditimbulkan akibat penggunaan kamera menjadi tanggung jawab peserta" ujarnya saat technical meeting.


Sedangkan untuk peraturan penggunaan kamera hanya boleh dipasang pada helm dan sepeda. Untuk pemasangan di helm, tidak diizinkan jika terpasang pada visor helm. Sedangkan seluruh bagian sepeda dapat dipasang kamera dengan syarat tidak menggangu manuver sepeda. Kamera tidak diizinkan terpasang tubuh pembalap seperti pada bagian dada maupun punggung.
Dengan diizinkannya menggunakan kamera, para pembalap dapat melakukan koreksi atas kesalahannya atau meningkatkan kecepatan berdasarkan hasil rekaman pada kamera mereka. Namun tetap harus memperhatikan keselamatan mereka pribadi sebagai prioritas utama.