Om Bim-Bim Rider Paling Senior dan Harapannya Untuk Downhill Indonesia

Redaksi - News

Om Bim-Bim Rider Paling Senior dan Harapannya Untuk Downhill Indonesia
10 Aug 2015 15:06
568 Hits

Pekalongan, 22 Agustus 2015 (IDH) Bambang Sugiharto aka 'Bim-Bim' menjadi rider paling senior yang berlomba di seri ketiga di Kajen Pekalongan kali ini. Meskipun menjadi juru kunci di kelas veteran namun semangat Om Bimbim begitu ia akrab disapa tetap patut menjadi contoh bagi para rider-rider muda Indonesia.

Kepada IDH.com selepas menyelesaikan final run, Om Bimbim pun mengungkapkan harapannya bagi perkembangan dunia downhill di Indonesia. Menurut dia, hingga saat ini perhatian pemerintah dirasakan masih sangat kurang terhadap pembinaan olaharaga ekstrim tersebut.

Dia memberikan contoh banyaknya rider asal luar pulau Jawa yang kesulitan pendanaan untuk bisa berlomba di kejuaranaan nasional yang lebih banyak diadakan di Jawa. "Banyak yang cerita dengan saya kesulitan ke Jawa untuk ikut lomba padahal mereka cukup potensial untuk bisa berkembang maju," ungkapnya.

Peran pemerintah terhadap olahraga Downhill di Indonesia pun jarang sekali dirasakannya. "Seperti olahraga downhill ini di anak tirikan, maka itulah kami mengharapkan Presiden saat ini benar-benar memperhatikan olahraga ini karena saat ini benar-benar kembang kempis," harapnya.

Di usia yang hampir menginjak 60 tahun, Om Bimbim masih sangat bersemangat mengikuti setiap seri Indonesian Downhill 76 Kejurnas tahun 2015. "Yang penting saya bisa terus mengikuti olahraga yang saya cinta ini, apapun tetap akan saya lakukan," ungkap rider dari Team EB Bike dan A Class Racing Crowd Yogya dan Solo.

Om Bimbim sendiri telah menekuni dunia downhill sejak tahun 2006 lalu. "Awalnya saya ikut All Montain dan satu tahun kemudian baru terjun ke downhill, jadi memang ya cukup lama juga ya," imbuhnya.

Prestasi di dunia downhill pun sudah pernah diraihnya beberapa waktu silam. "Saya podium satu sampai tiga juga sudah pernah, yang penting memang sekarang bukan lagi prestasi namun untuk mempertahankan dunia downhill Indonesia tetap eksis, itu yang terpenting bagi saya," pungkas Om Bimbim.

Di gelaran Seri 3 ini Om Bim-Bim harus puas menempati peringkat terakhir di kelas Veteran. Rider 59 tahun tersebut mencatatkan waktu 4 menit 04,590 detik.