Ngabuburit ala Khoiful Mukhib

Redaksi - Tips And Tricks

Ngabuburit ala Khoiful Mukhib
06 Jul 2015 1:52
770 Hits

Bulan Ramadan menjadi libur pertandingan bagi para pembalap downhill, namun tantangan semakin terasa bagi yang menjalankan ibadah puasa dan harus tetap menjaga kebugaran plus kemampuannya. Seperti yang dilakukan Khoiful Mukhib, pembalap dari 76 Team ini.

Tetap berusaha menjalankan ibadah puasa, Mukhib pun tetap berusaha menjaga kondisi fisik dan kemampuan tekniknya. Salah satu caranya adalah dengan berlatih bersama rekan satu tim menggunakan sepeda BMX. Sepeda BMX dipilih karena lebih praktis. “Setiap jam 5 sore kami berlatih bersama menggunakan sepeda BMX, paling tidak satu jam waktu latihan ini. Sekalian ngabuburit bareng teman-teman”, beber Khoiful Mukhib.

Memang proses latihan ini tidak se-maksimal seperti saat tidak sedang menjalankan ibadah puasa. Paling tidak diharapkan kemampuan teknik tetap terjaga sehingga tidak ‘kaku’ ketika menjalani latihan yang sebenarnya. Dan puasa bukanlah kendala bagi Mukhib untuk menjalani latihan karena telah dijalaninya setiap tahun. “Yang penting bisa atur waktu dan mengetahui kapan harus berhenti saat tubuh mulai merasa lelah, kan jangan sampai batal puasanya”.

“Sedangkan untuk menjaga fisik, saya memilih berlatih fitnes agar kondisi tubuh tetap bugar”, lanjut Mukhib. Namun untuk waktu berlatih fitnes, Mukhib memilih setelah berbuka puasa. “Biar lebih maksimal proses latihannya”.

Minimal tiga kali dalam seminggu Mukhib berlatih fitnes dengan beban yang selalu disesuaikan dengan kebutuhannya. Latihan fisik ini mampu meningkatkan kebugaran tubuhnya sehingga siap untuk menghadapi kejuaraan downhill selanjutnya.