Menu Makanan Sehat untuk Pesepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Menu Makanan Sehat untuk Pesepeda
11 Jun 2018 18:33
180 Hits

Bersepeda merupakan aktivitas yang sangat menguras energi. Salah satu faktor yang penting dalam bersepeda adalah pemenuhan nutrisi tubuh, baik sebelum bersepeda maupun setelahnya. Memakan makanan yang tepat setelah bersepeda bukan hanya akan mengembalikan simpanan sumber energi berupa karbohidrat dalam tubuh, tapi juga membantu dalam pemulihan dan pembentukan otot serta rehidrasi pasca olahraga.

Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat akan membantu proses penyimpanan glikogen di dalam tubuh, sementara makanan yang mengandung protein akan membantu memperbaiki dan membentuk otot. Sedangkan untuk proses rehidrasi pasca bersepeda, diperlukan makanan yang kaya akan mineral untuk menghindari dehidrasi dan menjaga keseimbangan zat elektrolit di dalam tubuh.

Beberapa makanan yang sangat baik dikonsumsi setelah bersepeda antara lain:

  1. Kentang panggang dan telur rebus

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam kentang sangat penting untuk proses pengisian kembali karbohidrat yang terbakar selama bersepeda. Sementara telur adalah makanan yang kaya protein. Protein merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk proses regenerasi dan perbaikan otot. Kombinasi keduanya merupakan pilihan tepat setelah bersepeda.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat dipilih sebagai makanan ringan setelah bersepeda karena kandungan protein di dalamnya yang tinggi. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam kacang juga bermanfaat dalam membantu meminimalisir kolesterol buruk di dalam tubuh. Terdapat beberapa pilihan kacang yang dapat dikonsumsi pasca bersepeda, antara lain kacang almond dan kacang mede.

  1. Susu cokelat

Riset membuktikan bahwa susu cokelat merupakan salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi para atlet setelah berolahraga, tidak terkecuali setelah bersepeda. Susu mempunyai kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi, serta kandungan air yang cukup untuk rehidrasi tubuh setelah bersepeda.

Jadi jangan makan sembarangan lagi setelah bersepeda, ya. (IDH/RN)