Mengenal Pakaian Sepeda: Jersey Dan Jaket

Redaksi - News

Mengenal Pakaian Sepeda: Jersey Dan Jaket
01 Jun 2018 11:34
388 Hits

Banyak produser appareal yang telah memperkenalkan beragam teknologi mereka sehingga mampu memenuhi kebutuhan para downhiller. Berarti bagaimana cara memilih pakaian dengan kemampuan penyerapan dan penguapan yang baik (breathable). Dan rasa nyaman saat menggunakan merupakan faktor yang tidak boleh dilupakan. Kemampuan tersebut berarti merupakan fitur dengan teknologi cukup tinggi dan tentu saja harus ditebus dengan harga yang tidak murah.

Pada umumnya jersey dengan kemampuan tersebut telah disediakan oleh produser pakaian terkenal dan dapat dipercaya dibanding produk yang belum memiliki kemampuan merk terkenal. Bahan pakaian yang baik harus memungkinkan mengatur suhu panas. Hal ini merupakan revolusi pabrik yang menciptakan bahan dengan sirkulasi udara dengan cara unik. Bahan polyester untuk jersey saat ini lebih umum digunakan karena memiliki kemampuan penyerapan walaupun tidak sebagus bahan katun tetapi bahan polyester tidak mengikat terlalu lama sehingga lebih mudah menguap.

Kemudian, pakaian harus memiliki disain dan bentuk yang aerodinamis sehingga desain tersebut harus sesuai dengan bentuk tubuh downhiller agar tidak menggangu pergerakan downhiller. Saat ini kebanyakan pakaian telah mengunakan ritsleting, berguna sebagai pengontrol ventilasi dan berapa saku pakaian telah dilengkapi retsleting agar lebih aman menyimpan barang. Selain bentuk pakaian, letak retselting dan saku. Kerah dan bagian lainnya harus nyaman saat digunakan.

Pakaian sepeda yang terdiri dari baju atau yang lebih dikenal dengan jersey dan celana tetap tergantung dari kebutuhan karena harus sesuai dari masing-masing kategori seperti cross country, road, all mountain, downhill dan lainnya.

Terdapat dua perbedaan tentang bahan pakaian sepeda yang tergantung dari keadaan yang harus dihadapi. Satu, tentang bahan yang harus mampu menyerap suhu tubuh dan melepaskan uap panas tersebut dengan baik ketika menghadapi cuaca yang panas sedangkan yang kedua harus melindungi saat cuaca yang dingin dan berangin.

Baju sepeda atau Jersey. Perbedaan jersey untuk berbagai kategori terdapat pada bagian disain bentuknya, ukuran dan fitur tambahan seperti ventilasi udara, padding pengaman dan tergantung dari produser jersey tersebut.

Pada umumnya jersey akan selalu digunakan langsung tanpa lapisan sehingga jersey akan menempel pada kulit dan membantu keluarnya uap tubuh dengan baik. Bahan jersey yang baik tidak boleh menyimpan dan menahan kelembaban tetapi harus mampu melakukan penguapan dengan baik. Sedangkan untuk bahan berlapis, direkomendasikan untuk bagian tangan dengan ritsleting yang mudah diakses dan bentuk yang sesuai tubuh. Pada bahan wool biasa digunakan untuk memberikan rasa hangat di tubuh dan terletak pada bagian tengah lapisan tersebut.

Kebanyakan jersey mengunakan bahan polyester atau polyester campuran sehingga memberikan kemampuan bernafas dengan baik. Walaupun bahan katun mampu bernafas tetapi menahan kelembaban sehingga mengunakan kaos berbahan katun untuk lapisan dalam jersey menyebabkan rusaknya performa dari jersey tersebut. Jika tetap menggunakan lapisan dalam, usahakan dari bahan polyester kecuali untuk wanita telah tersedia bra khusus untuk berolah raga tanpa mengurangi performa jersey.

 Jaket sepeda. Jaket sepeda masih terbagi dalam beberapa bagian yang tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan jaket tersebut seperti tahan terhadap angin (windstopper), udara dingin dan anti air. Untuk anti air terbagi dalam dua jenis yaitu waterproof dan water Resistant, definisi dari waterproof adalah pengunaan bahan yang benar-benar tahan terhadap air. Jaket waterproof pasti mengunakan seal dan seam tape untuk penutup jahitan sedangkan untuk jaket water resistant hanya mampu menghadapi hujan yang tidak lebat dan mungkin tidak dapat bertahan lama menghadapi hujan. Selain itu jaket waterproof mengunakan lapisan (DWR) durable water-repellent coating.  

          

Bahan jaket juga harus mampu melakukan breathable (mengeluarkan udara panas tubuh) sehingga tidak menimbulkan keringat yang berlebih. Saat ini banyak bahan yang mampu melakukan hal ini seperti pada bahan goretex atau model lama lainnya dari G-tex. Jaket sepeda harus mampu memberikan perlindungan pada tubuh termasuk lengan, selain itu juga harus memberikan rasa nyaman dari bahan yang digunakan. Pastikan juga ukuran yang akan digunakan agar memberikan pergerakan yang baik.

Walaupun demikian, pengunaan jaket saat bersepeda pasti memberikan dampak sehingga performa tidak akan sama ketika tidak mengunakan jaket. Masalah yang paling sering ditemui bukan dari kualitas bahan atau disain tetapi ukuran. Sejak jaket dibuat untuk menjadi bagian dari pakaian untuk bersepeda. Sehingga jaket sepeda juga memberikan efek kenyamanan saat bersepeda di malam hari atau cuaca sedang berkabut.