Mengenal Lebih Dekat Commissaire

Redaksi - Profiles

Mengenal Lebih Dekat Commissaire
09 Sep 2016 11:15
1890 Hits

Yogyakarta - 9 September 2016, Tak bisa dikesampingkan bahwa peran Commissaire dalam event balap sepeda sangatlah penting. Orang-orang inilah yang memastikan peraturan UCI yang diturunkan ke PB ISSI berjalan dengan semestinya dalam sebuah kejuaraan.

Hal inilah yang menjadi perhatian utama bagi penyelenggara IDH. Tak kurang dari empat Commisaire selalu terlibat aktif dalam setiap race baik dalam seri downhillurban downhill maupun urban downmall.



Meskipun sudah ada digital-timer yang digawangi tim Soklat, namun para Commissaire ini tetap membawa portable-timeryang selalu dalam kondisi stand-by dan berada di tangan. Mereka punya tugas memastikan seluruh riders tercatat dengan pasti sesuai yang diisyaratkan dalam peraturan UCI.

"Kami tetap pegang timer dan mencatat semua riders meskipun sudah ada digital timer, kalau kebetulan ada troublesmaka kami punya datanya. Ya, kami juga siap melayani kalau ada protes atau discrepancy dari riders," ungkap Daryono Warsito salah satu Commisaire pada indonesiandownhill.com 



Tak hanya itu, tugas Commissaire yang juga berlisensi nasional ini semakin penting karena harus memastikan kesiapan panitia penyelenggara kejuaraan balap sepeda. "Kalau di seri downmall, dipastikan keamanan di sepanjang track terjamin karena memang ruang publik, jadi harus benar-benar aman," imbuhnya.

Selain itu, para Commissaire juga sangat tegas demi manjalankan misi membangun kesadaran riders akan beberapa hal. Sehingga sering kali ada anggapan mengapa beberapa orang ini terlihat cerewet tentang keamanan bersepeda masing-masing pembalap.

Seperti Body Protector dan Helm harus terpasang saat seorang pembalap menjalani Run mulai dari latihan hingga Finale. "Kami memang harus pastikan riders gunakan peralatan lengkap sesuai peraturan UCI, inilah yang ingin kita bangun yakni kesadaran," imbuh Putra Pradana Sukarno yang juga menjadi panel Commissaire dalam kejuaraan ini.