Mengenal Jenis Sepeda Mountain Bike

Redaksi - News

Mengenal Jenis Sepeda Mountain Bike
26 Sep 2018 20:22
77 Hits

Image Source: Mbr.co.uk

Apabila Anda berkeinginan untuk memiliki sepeda jenis MTB, maka anda perlu lebih bijak dan teliti untuk memilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan dan juga tentunya dengan mempertimbangkan medan apa yang akan anda lewati, karena beragamnya jenis dari sepeda dan tentunya setiap tipe memiliki fungsi yang berbeda, dan memerlukan aksesoris atau komponen sepeda yang berbeda pula. Itulah alasannya mengapa Anda harus mengenal dulu karakter sepeda apa yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari sepeda MTB.

All Mountain Bike

Jenis ini mengutamakan kenyamanan untuk bisa menjelajahi berbagai macam medan. Tipe ini memilik full suspension atau suspensi depan dan belakang. Sehingga bisa diajak untuk melewati berbagai trek seperti berbatu, naik turun bukit, dan sebagainya.

Downhill Bike

Tipe ini dikhususkan untuk melibas trek naik turun bukit atau gunung. Dengan rodanya yang besar, tentunya akan tidak nyaman digunakan di area perkotaan, karena akan lebih cepat merasa lelah. Kelebihan dari sepeda jenis ini adalah memiliki kemampuan untuk menikung dengan stabil dan mampu menuruni bukit dengan kecepatan tinggi.

Freeride Bike

Tipe ini lebih memiliki karakter untuk mampu menghadapi lompatan-lompatan yang tinggi dan kondisi ekstrem, body-nya kuat tetapi di samping itu, kurang memiliki kelincahan karena memiliki bobot yang cukup berat, dan tentunya akan melelahkan apabila digunakan untuk jarak jauh.

Cross Country

Tipe ini merupakan jenis sepeda yang optimal untuk digunakan pada tanjakan aspal ataupun jalan tanah. Memiliki kemampuan stabil untuk menjelajah jarak jauh. Biasanya jenis ini digunakan untuk melewati medan terjal di area perkotaan.