Mengenal Dasar-dasar Geometri Pada Sepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Mengenal Dasar-dasar Geometri Pada Sepeda
08 Jan 2018 19:21
1576 Hits

Mengenal Geometri Pada Sepeda, Apa Itu?

 

Berencana untuk membeli sepeda? Pastikan dulu mengenal bagian-bagian ini agar kamu bisa mengukur dengan tepat sepeda apa yang cocok untuk postur tubuhmu.

Sepeda dengan bobot semakin ringan belum tentu akan semakin cocok untukmu, sebaliknya sepeda dengan bobot yang berat mungkin akan sangat nyaman dan terasa ringan untuk digowes jika sesuai dan ideal dengan pengukuran yang tepat.

Khususnya untuk mountain bike, sepeda yang stabil dan mampu bermanuver dengan baik di lintasan extreme menjadi salah satu hal yang dicari oleh riders. Dari panjangnya top tube hingga tingginya bottom bracket, kamu bisa segera mengetahui apakah sepeda ini cocok dengan postur tubuhmu atau tidak melalui geometri.

Top Tube


Top tube adalah frame sepeda bagian atas. Perhitungan yang efektif dari top tube adalah mengukur secara horizontal dari head tube hingga seat tube. Tipe perhitungan seperti ini disebut lebih efektif daripada mengikuti ukuran panjang sebenarnya dari top tube, karena kemiringan seat angle tiap sepeda bervariasi.

Bottom Bracket Height


Jarak dari titik pusat bottom bracket sampai ke tanah. Semakin rendah BB membuat sepeda makin stabil, tetapi terlalu rendah maka akan membuat pedalmu menjadi semakin dekat dengan tanah dan dipastikan akan dengan mudah terbentur oleh gundukan yang ada.

Chainstay


Ini adalah perhitungan horizontal yang diambil dari titik tengah roda belakang ke titik tengah bottom bracket. Tak ada yang salah atau benar mengenai perhitungan ini, tapi jarak yang sedikit panjang pada chainstay membantu sepeda untuk tetap stabil dan tak mudah loop out di tanjakan.

Front Centre


Adalah jarak dari titik pusat roda depan hingga titik bottom bracket. Jarak ini tergantung pada panjang frame sepeda.

Wheelbase


Total panjang dari perhitungan chainstay dan front centre.

Down Tube


Pengukuran pada down tube adalah cara efektif untuk mengetahui ukuran sebenarnya sepeda yang cocok untukmu. Ukurlah tepat di tengah, dari titik bottom bracket hingga ke head tube.

Head Angle


Adalah sudut antara head tube hingga mencapai tanah. Sudut yang sedikit tegak membuat sepeda terasa lebih baik saat digowes di tanjakan.

Sebagai perbandingan, tipe sepeda trail mempunyai head angle antara 66 - 68°, enduro sekitar 65° dan downhill di kisaran 60°.

Image Source