Mengatasi Perasaan Nervous Sebelum Berlomba

Redaksi - Tips And Tricks

Mengatasi Perasaan Nervous Sebelum Berlomba
06 Apr 2015 1:56
1592 Hits

Bagi sebagian orang, berdiri di garis start pasti akan menimbulkan perasaan tegang atau nervous. Apalagi ditambah beragam suara yang sangat mungkin mengganggu konsentrasi. Hal yang wajar dan dapat dialami siapapun, termasuk seorang atlet profesional.

Perasaan tersebut sebenarnya sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi rasa terlalu percaya diri dalam mengikuti kejuaraan. Terlalu ‘pede’ sangat tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan emosi yang tidak terkontrol.

Perasaan nervous perlu diminimalkan dan dikontrol, namun bukan dihilangkan secara total. Rasa tersebut biasanya timbul karena panik, terobsesi atau kurang mengetahui secara detail lintasan yang akan dilalui.

Lalu bagaimana cara mengatasi perasaan tersebut?

  • Pastikan Anda mengetahui lintasan secara baik. Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan  kondisi sepeda dan membuat Anda menjadi lebih percaya diri.
  • Rileks, beri semangat pada diri dengan bersikap santai.
  • Fokus terhadap kejuaraan, tidak memikirkan hal lainnya sehingga mampu mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.
  • Target memang penting dalam mengikuti kejuaraan namun sesuaikan target dengan kemampuan agar tidak membebani diri. Semakin memaksakan diri untuk melalui batas kemampuan akan berbahaya jika tidak diiringi latihan yang memadai.
  • Bernapaslah secara perlahan dan teratur. Semakin cepat napas akan memicu jantung berdebar dengan cepat.

Berlatih secara teratur akan memudahkan Anda menyiasati perasaan nervous saat menjalani suatu kejuaraan.