Mempelajari Roda MTB dari Dasar

Redaksi - News

Mempelajari Roda MTB dari Dasar
27 Dec 2018 22:27
36 Hits

Apa yang membedakan roda yang satu dengan yang lain? Bingung kan? Nyatanya,

roda sepeda gunung sedikit lebih rumit daripada roda lainnya. Berikut ini adalah daftar istilah singkat tentang terminologi roda, dan juga beberapa detail rumit yang dijelaskan Arnaud Petit-Laurent dari produsen roda, Mavic.

Terminologi

Rim/Pelek: Komponen terluar di roda.

Hub: Inti dari roda, di mana jari-jari bercabang ke pelek. Berputar di sekitar poros, yang merupakan komponen eksternal yang melekat pada garpu atau rangka.

Spoke: Batang yang menghubungkan hub ke rim. Jari-jari J-Bend paling umum. Jari-jari straight-pull tidak memiliki lengkungan.

Hub flange: Kerah dari hub yang dilekatkan pada jari-jari.

Nipple: Sekrup jari-jari komponen kecil ke dalam rim.

Eyelet: Sebuah pas di pelek yang menahan nipple di tempatnya.

Lacing: Pola di mana jari-jari berulir saat membangun roda.

True: Roda lurus disebut true atau benar. Jika mendapat goyangan, biasanya disebabkan oleh jari-jari yang tidak seimbang.

 

Berapa banyak jari-jari di sana?

Tidak ada nomor standar jari-jari. Roda yang berbeda untuk tujuan yang berbeda dan dengan bahan dan ketebalan yang berbeda dan bervariasi. 24, 28, dan 32 adalah angka yang umum..

 

Bisakah bersepeda dengan pelek yang kaku atau rusak?

Penyok-penyok dari serangan batu sangat umum dan biasa. Penyok kecil juga bukan masalah besar jika pelek tidak retak. Namun, penyok besar kemungkinan akan menyebabkan ban mengempis.

 

Mengapa pelek lebar?

Karena ban tubeless menjadi semakin banyak dan berkualitas, lingkar yang lebih lebar membuat ban lebih stabil.

 

Mengapa pelek karbon?

Dalam proses pelapisan karbon, profil pelek dapat disesuaikan agar sesuai dan bisa mengurangi berat. Tetapi sebaliknya, karbon dapat lebih rentan, yang berarti bahwa harus lebih banyak material di area lain. Oleh karena itu, perbedaan berat antara pelek karbon dan alloy sangat minim. Pelek aluminium-alloy masih populer dan digunakan di banyak pabrikan roda. Pelek yang berkualitas dengan harga terjangkau lebih realistis daripada alternatif karbon.