Membangun Core Strength, Optimalkan Kekuatan Fisikmu, Riders

Redaksi - Tips And Tricks

Membangun Core Strength, Optimalkan Kekuatan Fisikmu, Riders
10 Jun 2018 17:21
214 Hits

Apakah yang dimaksud dengan kekuatan inti (core strength)? Merujuk pada istilah di pelatihan medis, yang disebut dengan ‘core,’ adalah tempat bertemunya tulang belakang pinggang, yang kemudian berinteraksi dengan pelvis (panggul).

Dan mengapa bagian ini menjadi salah satu yang terpenting untuk dilatih? Di olahraga seperti mountain bike, posisi duduk membutuhkan kestabilan lower spine (tulang belakang bawah) dan keselarasan dengan pelvis, untuk menghindari terjadinya cedera.

Untuk membangun atau melatih core ini, bisa dilakukan dengan latihan yang melibatkan bagian bawah tubuh, seperti plank atau bird-dog.

Plank: Posisikan tubuh seperti push-up dengan siku ditekuk dan sejajar dengan bahu. Pastikan tubuh bagian belakang lurus. Sejajarkan kaki dengan pinggul, dan kontraksikan otot-otot perut, tahan selama 30 detik. Ulangi kembali sebanyak yang bisa dilakukan.

76 Rider

Image Source

Bird-dog: Posisikan lutut menempel ke lantai dan tegak lurus dengan pinggul, lalu kencangkan perut dengan menarik perut ke arah dalam atau tulang belakang. Kemudian tarik kaki kanan lurus ke arah belakang, diiringi dengan tangan kiri lurus ke arah depan. Tahan selama beberapa detik, lakukan hal yang sama pada kaki dan tangan lainnya.

76 Rider

Image Source

Porsi latihan yang dianjurkan adalah satu hingga tiga kali sesi dalam seminggu, di mana setiap sesinya berisi dua sampai tiga kali set untuk masing-masing latihan. Setiap setnya bisa dijalankan sebanyak yang kamu bisa, ketahui batas tubuhmu agar tidak terjadi kelelahan.

Fisioterapis Dr Graham Theobald, menjelaskan bahwa latihan tersebut mampu menguatkan otot dan core tubuh para riders. Di samping manfaat lainnya seperti menambah kestabilan tulang belakang, meningkatkan koordinasi otot hingga memperbaiki keseimbangan tubuh. (IDH/RN)