Makanan dapat Memengaruhi Metabolisme, Benarkah

Redaksi - Tips And Tricks

Makanan dapat Memengaruhi Metabolisme, Benarkah
09 May 2018 11:21
159 Hits

Makanan dapat memengaruhi metabolisme adalah salah satu mitos yang cukup populer di bidang gizi dan nutrisi. Tapi pada kenyataannya, tidak ada makanan yang secara signifikan akan mempercepat atau memperlambat metabolisme tubuh, biarpun makanan itu secara rutin dimakan, atau tidak dimakan sama sekali.

Salah satu mitos yang beredar adalah kangkung yang dapat memperlambat metabolisme tubuh. Tapi kamu harus tidak harus memercayai itu karena pada kenyataannya kangkung tidak akan berpengaruh apa pun terhadap metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kangkung sebelum sajian makanan utama akan membuat perut terasa lebih kenyang sehingga akan mengambil makanan utama dengan porsi lebih sedikit. Setidaknya, kangkung menjadi bahan makanan yang baik jika kamu ingin mengurangi berat badan.

Mitos lain yang beredar adalah meminum teh hijau secara rutin dapat mempercepat metabolisme. Teh hijau memiliki efek termogenik, artinya bahwa kandungan nutrisi dalam teh hijau dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar di dalam tubuh melalui tenaga panas (panas tubuh). Namun, efek tersebut sangatlah kecil di dalam konteks program diet dan kehidupan sehari-hari.

Jika kamu ingin mencari cara meningkatkan metabolisme, lebih baik memilih untuk fokus berlatih angkat beban untuk membentuk otot-otot tubuh. Demikian pula dengan bersepeda. Kamu bisa membentuk otot-otot kaki dengan teknik tertentu yang akan sangat berguna jika suatu ketika mengikuti perlombaan sepeda. Latihan fisik yang intens akan meningkatkan metabolisme tubuh dan tubuh akan tetap terasa bugar hingga beberapa jam setelahnya.