Letih Bersepeda Isi Tenaga Dengan Makanan Yang Memiliki Kandungan Ini

Redaksi - Tips And Tricks

Letih Bersepeda Isi Tenaga Dengan Makanan Yang Memiliki Kandungan Ini
31 Dec 2018 14:40
206 Hits

Protein yang ada di dalam tubuh mengalami proses pemecahan ketika kita bersepeda, itulah mengapa setelah selesai latihan atau pertandingan, tubuh merasa kekurangan tenaga. Untuk recovery, tubuh membutuhkan waktu dan makanan yang tepat sebagai pendukung. Berikut adalah makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah selesai bersepeda.

Makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi

Karbohidrat memiliki peran untuk membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan selama bersepeda. Sedangkan protein memiliki kandungan asam amino yang bisa membantu pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan selama bersepeda. Agar lebih maksimal, dapat juga dengan cara mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat secara bersamaan. Namun perlu juga untuk diperhatikan perbandingan porsi keduanya, yaitu kurang lebih tiga banding satu. Contohnya adalah, makanan yang mengandung 120 gram karbohidrat harus diimbangi dengan makanan yang memiliki kandungan 40 gram protein.

Makanan dengan kandungan lemak

Pertumbuhan otot bisa juga ditingkatkan dengan konsumsi makanan yang mengandung lemak. Karena 45 persen energi pada tubuh juga berasal dari lemak. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat adalah alpukat, kacang-kacangan, dan susu sapi.