Lahirnya Sepeda Downhill

Redaksi - News

Lahirnya Sepeda Downhill
17 Mar 2015 21:58
1218 Hits

Munculnya Sepeda Downhill diawali oleh beberapa remaja dari Amerika Serikat yang melakukan balap sepeda motor liar di lereng gunung. Salah satu tempat yang digemari adalah Mount Tamalpais.

Adrenalin yang dirasakan pada saat menuruni lereng gunung sangat berbeda jika dibandingkan dengan memacu sepeda motor mereka di sirkuit motor. Dengan semakin banyaknya peminat balap motor liar menuruni lereng gunung tersebut membuat pemerintah setempat mulai khawatir karena berdampak pada erosi dan merusak persediaan tanah. Berbagai pertimbangan pun diambil oleh pemerintah San Fransisco sehingga akhirnya mereka mengeluarkan larangan untuk melakukan balap motor menuruni lereng gunung.

Larangan tersebutlah yang akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya olah raga sepeda gunung atau mountain bike. Selanjutnya mereka pun mulai menggunakan sepeda untuk menuruni bukit untuk mengejar adrenalin yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Downhill. Pada awalnya berbagai jenis sepeda digunakan, tetapi medan yang berat tentu saja berujung pada rusaknya sepeda tersebut. Sepeda yang dibutuhkan adalah sepeda yang kuat, seperti sepeda dengan tapak ban lebar dan sepeda tanpa suspensi atau hard tail merupakan pilihan yang terbaik, namun sayangnya tidak ada pilihan selain Schwinn Excelsior, sepeda yang sudah dibuat sejak 1933 dan disukai para loper koran. Dengan desain sederhana namun sangat kokoh hasil rancangan Ignaz Schwinn (imigran dari Jerman).