Konsumsi Karbo, Sumber Energi Untuk Bersepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Konsumsi Karbo, Sumber Energi Untuk Bersepeda
26 Apr 2018 17:27
249 Hits

Energi sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk bersepeda. Energi yang berasal dari makanan yang telah diolah oleh tubuh menjadi glukosa atau gula darah. Glukosa inilah yang menjadi bahan bakar tubuh saat melakukan beragam aktivitas, bukan karbohidrat. Namun, proses pembuatan energi berasal dari karbohidrat, dan karbo memiliki berbagai tipe.

Tipe-tipe karbo ini berhubungan dengan seberapa cepat zat ini berubah menjadi energi. Untuk menentukan konsumsi karbohidrat yang tepat perlu diketahui kategori makanan. Makanan sebagai sumber energi itu dikategorikan berdasarkan glycemic index (GI). Indeks ini berdasarkan kecepatan perubahan makanan menjadi glukosa dalam jangka waktu 2 jam. Semakin tinggi indeksnya (GI > 70) semakin cepat makanan itu menjadi energi. Semakin rendah indeksnya (GI < 55) maka makanan tersebut dalam 2 jam belum menjadi energi.

Terdapat 5 waktu yang pelu diperhatikan ketika akan dan sesudah bersepeda untuk mengonsumsi karbo ini. Waktu 2-3 jam sebelum bersepeda disarankan untuk mengonsumsi karbo dengan GI rendah – sedang. 30 menit menjelang bersepeda disarankan untuk mengonsumsi karbo dengan tingkat GI sedang (56~69) Roti gandum, kentang rebus dengan kulitnya, grapes juice, kismis, es krim, pisang, spaghetti.

Selama bersepeda dianjurkan untuk mengonsumsi tingkat GI tinggi (>69) seperti Roti, sebagian besar nasi, corn flakes, cereal, kentang, pretzel, semangka, minuman isotonik, jelly, energy bar. Setelah selesai bersepeda dianjurkan kembali mengonsumsi makanan dengan GI tinggi. Sementara 2-3 jam setelah bersepeda disarankan untuk mengonsumsi karbo dengan GI rendah – sedang.

Makanan dengan tingkat GI rendah atau (<56) berasal dari makanan sebagian besar buah dan sayuran juga Kacang-kacangan, biji-bijian juga coklat. Namun perlu diperhatikan bahwa otot kita dapat menyimpan glukosa untuk kebutuhan sampai dengan 2 jam. Dan tetap mengonsumsi minuman berenergi saat bersepeda untuk mengganti energi yang terbuang.