Kesalahan Umum Bersepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui Bagian 2

Redaksi - Tips And Tricks

Kesalahan Umum Bersepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui Bagian 2
06 Sep 2018 19:27
330 Hits

Setelah membahas beberapa kesalahan umum dalam sepeda gunung, kali ini kami akan bahas beberapa kesalahan lainnya dalam bersepeda gunung. Ini dia kesalahannya

5. Mengendalikan rem depan

Para pemula sering menggunakan rem belakang secara berlebihan, dengan keyakinan bahwa rem belakang memiliki semua daya henti dibanding rem depan. Sebagai gantinya, tekan rem belakang dengan ringan saat laju sepeda kamu melambat dengan tekan rem bagian depan sehingga roda belakangmu tidak terkunci. Hal ini memang membutuhkan latihan, tetapi kamu akan segera memahami cara pengereman yang tepat dengan setiap jenis medan.

 

6. Menghindari kesempatan untuk berkembang

Jika kamu memilih untuk menghindari taman batu karena terlalu bergejolak, kamu tidak akan pernah dapat meningkatkan keterampilan kamu. Itu tidak berarti kamu harus bekerja ekstra pada setiap tantangan selama satu perjalanan bersepeda, melainkan tetap berusaha untuk mengatasi hambatan baru dalam setiap perjalanan. Perlahan-lahan, kamu akan melihat bahwa bersepeda gunung di lingkungan apa pun dapat kamu lakukan.

 

7. Bentuk pedal yang buruk

Pedal yang tersendat merupakan risiko yang jauh lebih besar saat menunggang taman batu, akar, dan tunggul pohon. Jadi untuk menurunkan peluang itu, ganti ke gigi yang lebih keras untuk menurunkan ritme lajumu. Jika kamu menyeimbangkan banyak jari-jari kaki, kamu akan membebankan otot kakimu. Sebaliknya, gerakkan kakimu di depan gandar untuk membuat kamu lebih stabil.

 

8. Tidak melihat ke depan

Bersepeda menuruni gunung tak pernah terhindar dari rintangan yang tak terduga. Jika kamu tidak melihat ke depan, risiko terjatuh jadi lebih besar sebab kamu mungkin akan lupa mengganti persneling, harus berbelok tajam, atau menyesuaikan kecepatanmu. Kemungkinan apa pun bisa terjadi sebab bersepeda gunung adalah olahraga yang membutuhkan sedikit disiplin dan pengalaman untuk menjadi mahir. Namun, dengan perhitungan yang tepat dan persiapan yang matang, kamu akan berkendaraan dalam waktu singkat.

Itulah kesalahan umum yang dilakukan pesepeda gunung. Yuk jangan takut untuk memulai olahraga ini!