Kesalahan Umum Bersepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui Bagian 1

Redaksi - Tips And Tricks

Kesalahan Umum Bersepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui Bagian 1
06 Sep 2018 19:25
295 Hits

Bersepeda gunung adalah olahraga yang berat tapi tetap memiliki manfaat yang cukup banyak. Jika kamu tertarik untuk mencoba bersepeda gunung, jangan malu dan jangan takut. Gunakan tips di bawah ini untuk memastikan kalau kamu mampu menghindari beberapa kesalahan umum sepeda gunung yang dapat menyebabkan pengalaman pertama yang tidak aman atau memalukan.

  1. Berjalan melewati air

Saat kamu merasakan percikan air yang menyegarkan, karat dan korosi akan membekas pada sepeda dan bantalanmu. Tidak hanya akan menghabiskan uang, tetapi rantai kamu bisa melonjak saat pendakian yang tinggi. Berhati-hatilah dan perlambat laju sepeda kamu sehingga air tidak memercik ke komponen sepeda kamu. Pastikan kamu membersihkan debu dan kotoran sepeda secara menyeluruh, dan pastikan juga rantai tetap kencang dan tidak kendor.

  1. Tetap pada beban

Posisi setengah berdiri dan tidak duduk di bantalan sadel ternyata bisa lebih efektif ketika kamu bersepeda gunung. Manfaatnya adalah kamu dapat menggeser berat badan lebih mudah, yang akan membuat kamu lebih cepat dan lebih gesit saat berkendara. Jadikan ini kebiasaan sejak dini untuk melindungi tulang belakangmu agar tidak menimbulkan rasa sakit.

  1. Menggunakan pakaian yang tidak sesuai

Pakaian bersepeda gunung bervariasi menyesuaikan lokasi, waktu, dan durasi berkendara yang berbeda. Persiapkan sebelumnya dengan memeriksa cuaca dari waktu yang kamu tentukan sampai akhir perjalananmu. Memanfaatkan tambahan pakaian seperi jaket anti air dapat sangat membantu, terutama jika suhu diperkirakan turun dalam jumlah yang signifikan atau kamu mendaki ke ketinggian yang lebih tinggi di mana angin bisa menjadi kuat dan suhu lebih dingin.

  1. Bawa perlengkapan yang mungkin dibutuhkan

Kamu mungkin berencana ke luar beberapa jam saja, tetapi jangan lupakan perbekalan makanan dan minuman sebagai persiapkan jaga-jaga jika kamu tersesat.

Itulah beberapa kesalahan umum dalam sepeda gunung. Tapi jangan khawatir, masih ada beberapa tips untuk mengetahui kesalahan umum dalam bersepeda gunung yang akan kami bahas di artikel selanjutnya. So, stay tuned ya!