Kembalinya Josh ‘Ratboy’ Bryceland

Redaksi - Profiles

Kembalinya Josh ‘Ratboy’ Bryceland
09 May 2015 1:27
537 Hits

Setahun tanpa gelar juara, Josh ‘Ratboy’ Bryceland kembali dan langsung merebut juara UCI MTB World Cup 2014. Cedera yang dialaminya tidak menghambat Ratboy meraih poin tertingi dan menyingkirkan para pesaingnya. Kemenangan itu pun mengakhiri puasa gelarnya sejak berada di kelas Men Elite.

Ratboy kecil selalu ingin melakukan balap motocross seperti ayahnya. Sampai akhirnya, ayahnya, Steve Peat, menjadi mentor baginya. Ratboy pun diikutsertakan dalam kejuaraan sejak usia 10 tahun. Pria dengan nama lengkap Joshua Antonio Torres Bryceland ini berhasil menunjukkan kemampuannya dengan menjuarai berbagai kompetisi di Inggris.



Awalnya, Ratboy berlatih bersama Northwest Mountain Bike Centre Team. Seiring dengan prestasinya yang terus diraihnya dan dukungan koneksi sang ayah, Ratboy diajak bergabung oleh Royal Racing Team dan berpindah ke Santa Cruz Syndicate pada 2008.

Tanpa Gelar

Berhasil merebut juara di kelas Junior pada World Championship 2008 di Val di Sole - Italia, nama Josh ‘Ratboy’ Bryceland semakin melambung. Sebelumnya, Ratboy telah merebut juara pada ajang European MTB Championship (2006), UCI MTB World Cup (2007) dan beberapa ajang di Inggris.

Ajang World Cup 2007 menjadi kejuaraan tingkat dunia pertama yang diikutinya. Hasilnya, gelar juara pada kelas junior diraihnya hingga berlanjut sampai tahun 2008.


Berbekal kemenangan dan usianya yang masih muda, Ratboy naik ke Elite Men pada 2009. Akan tetapi, usahanya masih sulit mengalahkan para seniornya. Hingga akhir seri tidak ada podium yang berhasil ia raih. Ratboy harus puas berada di peringkat 15 pada klasemen UCI MTB Downhill.

Hingga 2013, tidak ada satu gelar pun yang berhasil direbutnya. Bisa dikatakan Josh ‘Ratboy’ Bryceland boleh berada di kelas Men Elite, namun belum bisa bersaing dengan para seniornya. Memasuki seri awal 2014, Ratboy mulai menunjukan kemampuannya dengan menjuarai berbagai podium. Sampai saat ini, Ratboy telah meraih total 1636 poin.

Di tahun 2015 ini, Josh ‘Ratboy’ Bryceland telah bersiap untuk kembali membuktikan kemampuannya.

Pencapaian:

2006
1st European Mountain Bike Championships - Youth

2007
4th Innerleithen, Scotland - Junior
1st British National Mountain Biking Championships - Junior
1st UCI Mountain Bike World Cup, Series Overall - Junior

2008
1st British National Mountain Biking Championships - Junior
1st UCI Mountain Bike & Trials World Championships, Val di Sole, Italy – Junior

2011
1st British National Mountain Biking Rd.3 - Elite
2nd UCI Mountain Bike World Cup, Mont Saint Anne, Canada - Elite

2014
1st British Cycling National Championships - Senior Championship
2nd UCI Mountain Bike World Cup, Cairns, Australia - Elite
1st UCI Mountain Bike World Cup, Leogang, Austria - Elite
2nd UCI Mountain Bike World Cup, Mont Sainte Anne, Canada - Elite
1st UCI Mountain Bike World Cup, Windham, USA - Elite

 

 

Foto By : www.dirtmountainbike.com dan www.santacruzbikes.com