Jumlah Konsumsi Telur Seminggu Bagi Pesepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Jumlah Konsumsi Telur Seminggu Bagi Pesepeda
23 Jun 2018 17:39
355 Hits

Seperti yang sudah dijelaskan dalam beberapa artikel sebelumnya, telur merupakan salah satu sumber protein tinggi yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh manusia, apalagi pesepeda. Pesepeda membutuhkan asupan gizi yang sangat besar seiring dengan aktivitasnya yang sangat menguras tenaga, dan telur menjadi salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan perbaikan atas sel-sel otot yang rusak, misalnya setelah bersepeda pada jarak yang cukup jauh dan medan yang terjal.

Kalau dulu ada yang mengatakan makan telur akan meningkatkan kolesterol, itu tak sepenuhnya benar. Dr. Bruce Griffin yang mempelajari hubungan antara gizi dan penyakit kardiovaskular di University of Surrey, Inggris, menjelaskan dalam NPR, telur yang selama ini dianggap mengandung kolesterol tinggi, termasuk makanan laut seperti udang, punya dampak yang sangat kecil pada meningkatnya kolesterol darah. Bahkan nyaris tidak ada.

Menurut Keri Gans, R.D., penulis The Small Change Diet, konsumsi telur yang baik tergantung dari pola makan harian. Jika sepanjang hari makan banyak protein dan lemak, menambahnya dengan asupan telur tidak disarankan. Misalnya: membuat telur dengan ditambah campuran keju.

Sebaliknya, jika Anda makan seimbang dengan banyak sayuran rendah lemak, biji-bijian, dan daging tanpa lemak, mengonsumsi satu atau dua telur per hari-setara dengan selusin telur dalam sepekan-boleh jadi lebih bermanfaat.

Lalu, berapa banyak telur yang bisa kita makan seminggu? Untuk anak-anak, dianjurkan satu butir telur per hari, sedangkan orang dewasa bisa makan satu atau dua telur per hari. ( IDH/RN)