Juara Men Youth dan Women Open Indonesian Downhill 76 Kejurnas 2015

Redaksi - News

Juara Men Youth dan Women Open Indonesian Downhill 76 Kejurnas 2015
20 Apr 2015 23:08
896 Hits

Dalam Indonesian Downhill 76 Kejurnas 2015, kelas Men Youth dan Women Open memang masih masuk dalam kelas hobby, namun tak menutup kemungkinan mereka untuk pindah ke kelas prestasi seiring dengan kemampuan dan usianya.

Sehingga dapat dipastikan, regenerasi pembalap pun akan berjalan sesuai dengan harapan dari pihak Indonesian Downhill sebagai pihak penyelenggara. Hal serupa disampaikan oleh Parama Nugroho, Ketua Umum Indonesian Downhill, “Dengan rutinnya kejuaraan yang kami buat secara berseri sejak tahun 2012, Regenerasi sudah terjadi. Beberapa pembalap yang bertanding di kelas prestasi, awalnya juga berasal dari kelas sebelumnya."

Kedua kelas ini juga bertanding menggunakan lintasan di IDH Freedom Track, Sarangan; jalur yang digunakan oleh kelas prestasi. Namun pada beberapa track terkadang kelas hobby diberikan jalur alternatif untuk menyesuaikan kemampuan mereka.

Men Youth
Dalam babak final, kelas Men Youth mendapat ujian berat dengan turunnya hujan. Licinnya lintasan, terutama pada section root garden maupun rock garden menjadi tantangan tersendiri bagi 11 (sebelas) pembalap yang bertanding.
 
Dengan usia masih relatif masih muda (15-16 tahun), emosi hingga perhitungan mereka tentu sangat berbeda dengan seniornya yang telah berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi. Namun dengan kemampuan yang selalu diasah, seluruh pembalap berhasil mencapai finish.

Rendy Varera Sanjaya yang sempat berada di peringkat keempat pada seeding run berhasil merebut juara dengan waktu 3 menit 46,827 detik. Begitu pula dengan Muhamad Rizky Syabani mampu naik ke peringkat kedua diikuti Fahraz Salman dengan waktu 4 menit 0,314 detik.


Women Open
Women Open hanya diikuti 5 (lima) pembalap wanita. Untuk usia, dalam kelas Women Open lebih bebas sehingga tetap terdapat pembalap yang berusia muda.

Sama halnya dengan kelas Men Youth, hujan juga turun dalam babak final untuk kelas Women Open. Namun semangat mereka untuk bersaing tak padam meski nyaris seluruh pembalap wanita ini terjatuh karena licinnya medan pada IDH Freedom Track, Sarangan.
 
Ayu Tri Andriana memang terlalu tangguh bagi pesaingnya sejak seeding run hingga babak final, Ayu mampu unggul 36,413 detik dari pesaing terdekatnya Noordita Romdhani yang berhasil menyodok dari urutan keempat dalam seeding run. Noordita mencatat waktu 5 menit 44,162 detik, diikuti Dini Hegarningsih.