Jenjang Karir Untuk Menuju ke Men Elite

Redaksi - News

Jenjang Karir Untuk Menuju ke Men Elite
12 Mar 2016 19:49
775 Hits

Batu, 12 Maret 2016 (IDH) Pemisahan kelas Men Sport maupun Men Elite ternyata membawa misi pembinaan tersendiri. 76 Indonesian Downhill ingin memberikan kesempatan berprestasi pada rider-rider yang berlaga agar mendapatkan promosi ke kelas selanjutnya.

Pihak IDH secara khusus ingin memberikan peluang kepada lima pemuncak di kelas Junior, Men Sport A dan Men Elite B pada akhir musim kompetisi untuk dipromosikan ke kelas yang lebih tinggi pada tahun selanjutnya. "Sistem ini tentu saja bisa semakin kompetitif," ungkap Ketua IDH Parama Nugroho.

Untuk jenjang karir di kelas Junior, lima besar teratas nantinya juga akan dinaikkan terlebih dahulu ke kelas Men Sport A. Bukan langsung menuju Men Elite B. "Nah kami ingin rider dari junior tidak langsung naik ke Elite karena biasanya mentalnya akan jatuh karena jarak yang terlalu jauh," imbuh commissaire berlisensi UCI Pratomo Setiadi.

Setelah naik ke jenjang Men Elite B, seluruh pembalap akan saling berkompetisi untuk merebutkan lima peringkat tertinggi pada akhir musim agar dapat promosi ke kelas yang paling bergengsi yaitu Men Elite A.



Namun pertarungan bukan hanya untuk naik kelas tetapi menjaga agar tidak terdegradasi atau turun kelas karena kuota untuk di kelas Men Elite A dan B sangat terbatas. "Setiap kelas di Men Elite hanya berjumlah 30 pembalap saja," ujar Pratomo Setiadi.

Sebagai contoh, lima pembalap dengan terendah di Men Elite A akan terdegradasi ke Men Elite B untuk tahun selanjutnya. Sedangkan lima pembalap terendah pada kelas Men Elite B akan turun ke kelas Men Sport A maupun B yang disesuaikan dengan usia mereka."Lima terbawah dari Elite B akan turun ke Men Sport, kalau usianya di bawah 25 masih bisa masuk Men Sport A namun yang lebih 25 tahun hanya bisa masuk kelas Men Sport B," ungkapnya lagi.

Jenjang ini tentu membutuhkan keseriusan dalam berlomba di 76 Indonesian Downhill tahun 2016 ini ya. Promosi naik kelas terbuka lebar untuk kalian.