Jejak Risa Suseanty Sang ‘Ratu Downhill’

Redaksi - Profiles

Jejak Risa Suseanty Sang ‘Ratu Downhill’
08 Jul 2015 1:42
2197 Hits

Risa Suseanty merupakan sosok yang tak asing lagi bagi para penggemar olahraga sepeda gunung. Wanita peraih beragam prestasi dalam kejuaraan balap sepeda gunung khususnya downhill ini dikenal pula sebagai ‘Ratu Downhill’. Wajahnya pun akrab di berbagai media cetak maupun elektronik.

Namun nyaris satu tahun, Risa menghilang dari dunia kompetisi balap sepeda gunung. Bahkan dirinya tidak pernah mengikuti kejuaraan downhill sejak awal 2015. Tetapi di akun media sosial miliknya, Risa tetap aktif memberikan info tentang diri dan teamnya (Adrenaline World Racing).

Saat ini Risa fokus untuk mengatur team tersebut yang sedang menjalani serangkaian latihan dan balapan di Eropa. “Saat ini saya memang sedang fokus dalam mengatur team ‘Adrenaline World Racing’ untuk bertanding dan berlatih di Eropa. Tidak menutup kemungkinan, saya akan ikut balapan lagi,” ujar Risa saat dihubungi melalui telephone.

Risa yang lahir di Bandung pada 25 Oktober 1980 menyukai olahraga sejak kecil. Bulu tangkis pernah dirasakan hingga akhirnya memilih balap sepeda. Namun bukan kategori downhill yang pertama digeluti. Mengikuti kejuaraan kategori cross country menjadi salah satu pemicu kecintaannya akan dunia sepeda.

Sejak 1993 Risa menjadi tumpuan Indonesia untuk meraih medali dari berbagai kejuaraan dalam cabang sepeda gunung. Terlebih saat pertama kali mewakili Indonesia dalam SEA Games 1997, Risa langsung membuktikan dengan meraih medali emas untuk kategori downhill.


Sejak meraih medali emas pada SEA Games 1997, 1999, 2001, 2009 dan 2011, Risa Suseanty memang pantas untuk menyandang predikat ‘Ratu Downhill’. Keberhasilannya merebut medali emas beberapa kali menjadi bukti akan konsistensi dirinya pada dunia balap sepeda, khususnya downhill. Risa pun tidak pelit untuk membagikan ilmu dan pengalamannya pada juniornya.

“Semoga atlet-atlet Indonesia mengikuti jejak saya, apa yang saya ketahui atau pernah rasakan dapat saya bagi ke junior untuk mengharumkan nama Indonesia,” tambahnya.

Berlatih, melatih hingga mengatur teamnya menjadi rutinitas Risa untuk saat ini.