Hindari Nyeri Lutut Saat Gowes, Ini Caranya

Redaksi - Tips And Tricks

Hindari Nyeri Lutut Saat Gowes, Ini Caranya
04 Jun 2018 20:34
350 Hits

Ketika cuaca sedang baik, sudah saatnya kita latihan bersepeda. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak bisa memanfaatkannya karena cedera lutut. Dikutip dari www.cyclingweekly.com, Penyebab paling umum nyeri lutut adalah kelebihan beban dan terlalu sering menggunakan sendi lutut setelah aktivitas bersepeda selama musim dingin. Beban berlebihan ini diakibatkan karena upaya terlalu keras menggunakan peralatan besar. Niatnya mendapatkan hasil setelah musim dingin, tapi malah cedera.

Apakah anda menggunakan peralatan sepeda secara efisien? Solusi sederhananya adalah menghindari penggunaan rantai luar saat pertama kali meningkatkan jarak tempuh. Tetap gunakan rantai dalam untuk menjaga ritme tinggi dan daya tahan rendah. Selain itu, kurangi kekuatan dan tekanan yang melewati struktur artikular lutut. Anda juga bisa menggunakan gigi yang lebih mudah atau kecil pada sepeda anda.

Hal-hal yang penting:

  • Jangan pernah mengabaikan nyeri lutut
  • Gunakan gigi yang lebih kecil
  • Kurangi / kelola beban latihan
  • Tingkatkan beban secara progresif ketika sakit berkurang

Tujuan utama ketika anda mengalami nyeri lutut adalah memodifikasi sepeda anda untuk mengurangi beban dan stres pada sendi lutut. Setelah rasa sakit terasa, anda dapat menambah beban secara bertahap sampai latihan normal kembali seperti semula. Jika rasa sakit tidak membaik, tindakan terbaik adalah mencari bantuan dari spesialis fisioterapi atau ahli yang memiliki pengalaman menangani nyeri lutut.

Poin utama

Do          :

  • Tingkatkan volume latihan secara perlahan, progresif dan hati-hati. Ini memastikan bahwa struktur di lutut tidak kelebihan beban dan menyakitkan.
  • Pastikan bahwa settingan sepeda anda (tinggi sadel, pedal, cleat, dll) tidak berubah, karena bisa menyebabkan nyeri lutut. Jika anda membongkar sepeda selama musim dingin, perhatikan pengukuran dengan hati-hati.
  • Lakukan kombinasi persneling dan beban latihan ringan.
  • Bersiaplah untuk beristirahat dan merawat lutut jika sudah kelebihan beban. Jika panas dan bengkak, cobalah untuk istirahat, kompres dengan es. Cari bantuan profesional dan saran medis.

Don’t     :

  • Mencoba mengubah posisi lutut dengan sengaja, ini bisa berdampak besar.
  • Gunakan roda gigi besar (misalnya 53x11t). Cobalah menggunakan lingkar luar depan yang lebih kecil. Gigi besar meningkatkan pemuatan pada kartilago artikular di sendi lutut dan dapat menyebabkan peradangan dan kemungkinan kerusakan jangka panjang. (RN)