Hindari Kebiasaan Ini Setelah Selesai Bersepeda

Redaksi - Tips And Tricks

Hindari Kebiasaan Ini Setelah Selesai Bersepeda
31 Dec 2018 14:32
41 Hits

Begitu banyak kebiasaan yang kerap dilakukan, entah itu secara sadar maupun tak sadar, justru berpotensi mengurangi atau bahkan menghilangkan manfaat olahraga bersepeda bagi kesehatan Anda. Jangan lakukan kebiasaan yang terlihat biasa seperti ini setelah bersepeda.

Langsung duduk

Setelah bersepeda jauh, keinginan untuk langsung duduk merupakan godaan yang paling sering dialami. Namun, hal tersebut justru berpotensi membuat Anda mengalami kram. Karena setelah berolahraga produksi asam laktat meningkat di dalam. Duduk akan menyebabkan peredaran darah di tubuh Anda tidak lancar hingga bisa menyebabkan terjadinya penumpukan asam laktat.

Langsung mandi

Tanpa disadari akibat dari banyaknya keringat yang menempel setelah bersepeda, kita ingin untuk cepat-cepat mandi. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, maka sebaiknya segera kurangi kebiasaan tersebut. Guyuran air dingin pada kondisi tubuh masih berkeringat akan membuat tubuh mengalami penurunan suhu secara mendadak dan membuat irama jantung menjadi pelan. Idealnya, ritme jantung tetaplah harus di atas normal setelah bersepeda, yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Segera lepas baju yang Anda gunakan

Ada begitu banyak bakteri atau kuman yang menempel di baju Anda setelah bersepeda. Ditambah dengan keringat yang menempel di baju Anda, memungkinkan infeksi atau virus akan dengan mudah menyerang Anda.

Makan berlebihan

Ini merupakan kebiasaan yang juga sering dilakukan: setelah lelah bersepeda dan terkurasnya tenaga, Anda langsung meluncur ke meja makan untuk segera mengisi perut yang kosong dengan porsi berlebih. Lebih baik mengisi perut dengan porsi normal, karena jika Anda mengisi perut dengan cukup sebelum bersepeda, seharusnya Anda tidak kelaparan setelah berolahraga keras.