Faktor Memilih Ban Sepeda Mountain Bike, Jangan Salah Pilih

Redaksi - Tips And Tricks

Faktor Memilih Ban Sepeda Mountain Bike, Jangan Salah Pilih
21 Jul 2018 20:41
598 Hits

Image Source: bikerumor.com

Jika melihat dari bentuknya, ban pada sepeda-sepeda jenis mountain bike mungkin terlihat sama. Tapi dibalik itu, terdapat beberapa pertimbangan untuk memilihnya. Terdapat beberapa karakteristik yang berbeda dari masing-masing jenis sepeda mountain bike. Trek, merupakan faktor penting untuk mencari ban sepeda yang tepat.

Sesuaikan dengan kondisi trek

Berdasarkan jenis trek yang akandilibas, maka pemilihan jenis ban akan berbeda satu jenis trek dengan trek lainnya. Ban dengan lapisan kevlar akan dipilih untuk para pesepeda yang lebih mengutamakan performa. Sementara untuk downhill, sebaiknya memilih ban dengan lebar 2,2 inch.

Alur ban

Prinsipnya, semakin banyak alur yang ada, maka semakin kuat daya cengkram ban tersebut.

Tonjolan ban

Untuk trek off road, pilihlah ban dengan banyak alur yang menonjol. Beruntungnya, jenis ban seperti ini cukup populer dan juga tersedia dalam banyak tipe.

Penyesuain berat badan

Karena ban adalah penyangga utama berat tubuh pengendara, untuk pengendara yang berbadan besar bisa menggunakan pilihan ban dengan ban dalam. Tapi jika pesepeda memiliki tubuh ringan bisa mencoba untuk menggunakan ban tubeless. Ban tubeless mampu menghasilkan traksi yang lebih baik dan cukup stabil. (RN)