Dust & Speed in Pekalongan

Redaksi - News

Dust & Speed in Pekalongan
21 Aug 2015 21:18
528 Hits

Debu semakin menutupi saat beberapa pembalap downhill memasuki area finish. Bahkan untuk melakukan pengereman pun cukup menyulitkan bagi sebagian pembalap ketika latihan resmi Indonesian Downhill 76 Kejurnas seri 3 diadakan pada track downhill PTPN 9 Blimbing Ganda Arum ini.

Memang area pengereman tidak terlalu panjang tetapi karakter tanah yang cukup gembur pun berperan sehingga laju sepeda sulit berhenti. Beberapa peserta pun berharap agar area finish dapat lebih panjang seperti yang dikatakan oleh Nolix Suwarno,, “Mungkin jika lebih panjang sedikit dapat memudahkan untuk menghentikan laju sepeda”.  

Sedangkan untuk karakter track downhill pada seri ketiga ini dianggap cukup berteknikal tinggi sehingga mereka yang memiliki teknik dengan baik akan memperoleh catatan waktu lebih baik. Chandra Ariavijaya pun mengutarakan hal yang sama. “Di track ini bukan saja endurance yang dibutuhkan, kemampuan teknik menjadi kunci utama”. 

Selain berteknikal, track ini memiliki karakter ‘high speed’ sehingga membuat kecepatan maksimal dapat diperoleh para pembalap yang telah mengikuti sesi latihan resmi ini. Hildan Afos Katana yang kembali mengikuti setelah mengikuti serangkaian balap di luar negeri juga menyukai karakter high speed dari track downhill PTPN 9. “Menurut saya, track ini cukup ‘high speed’ sehingga  menjanjikan dapat meningkatkan kecepatan. Walau pada rock garden sedikit menyulitkan” ungkap Afos di sela latihan resmi. 

Dengan total jarak mencapai 1600 meter dan memiliki elevasi mencapai 161m, Track downhill PTPN 9 dianggap dapat menjadi salah satu lintasan sepeda gunung terbaik sesuai dengan karakter yang dimiliki.