Drama di Men Elite A, Hujan Ubah Hasil Akhir Klemuk

Redaksi - News

Drama di Men Elite A, Hujan Ubah Hasil Akhir Klemuk
05 Nov 2017 23:09
755 Hits

Batu, 5 November 2017 - Hujan di tengah berlangsungnya final run kelas Men Elite A 76 Indonesian Downhill 2017 Seri 5 ternyata berdampak besar bagi formasi delapan besar rider profesional dari berbagai daerah dan negara yang turun di Bukit Klemuk. Praktis, pebalap yang start sebelum hujan mampu mengoleksi catatan waktu sedikit lebih baik dibandingkan lima pebalap yang menjalani race dalam keadaan hujan.

Dua pebalap yang  cukup menguasai di seeding merasakan perbedaan akibat hujan sore ini. Matej Charvat dari Banshee Bikes dan local boy Hildan Afozma Katana dari Thrill Factory Team harus merelakan podiumnya lantaran terjatuh di tengah licinnya tanah Klemuk.

Di luar kesialan tersebut, ada pula rider yang diuntungkan dengan situasi sore di Klemuk yakni Kushima Yuki dari Genbu Mondraker Jepang yang start beberapa menit sebelum turun hujan. Kushima mampu mencatat waktu tercepat di kejuaraan kali ini yakni 2 menit 00,191 detik yang juga menempatkannya di podium pertama.

Catatan waktu Kushima hanya mampu didekati oleh Robert Agung Wahyudi yang sebenarnya menjalani start saat hujan mulai mengguyur Klemuk. Ketepatan mengambil racing line membuat rider Garuda FJC Team menjalani final secara mulus dengan waktu 2 menit 01,091 detik.

Di bawah Robert, bercokol Yavento Ditra Pranata dari Polygon PVR Factory Team yang mampu mencatat waktu 2 menit 01,147 detik. Ditra juga menjadi satu pebalap yang start tepat setelah Kushima mampu memacu maksimal sepedanya dan mendapatkan tempat di podium ketiga.

Sementara di peringkat empat ada pebalap Jepang lainnya, Imoto Hajime dari Sram Santacruz. Meski sempat diperdebatkan lantaran dinilai melakukan jumpt start, namun commisaire UCI menyatakan startnya sah dan waktu 2 menit 01,527 detik tetap membuatnya berada di podium keempat.

Khoiful Mukhib dari 76 Team yang start paling akhir kali ini harus puas berada di podium kelima di seri terakhir 2017. Mukhib yang tetap berusaha memacu sepeda dengan maksimal tetap tak bisa mengejar Kushima dan hanya mampu mencatat waktu 2 menit 01,699 detik.

Di peringkat enam sendiri ada Dedik Handika dari Polygon PVR Factory Team yang mencatatkan waktu 2 menit 02,030 detik, diikuti Burhan Riswanto dari Pamitra EJD Team di peringkat ketujuh dengan 2 menit 02,147 detik dan Mulyadi Ateng dari Gopad di peringkat delapan dengan waktu 2 menit 02,580 detik.